Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merawat Tas Tangan di Colorwash

Kompas.com - 14/07/2010, 08:50 WIB

KOMPAS.com - Saat ini tas tangan dan sepatu sudah bak aksesori tersendiri. Harga tas tangan wanita saat ini bisa mencapai jutaan. Bahkan ada yang seharga dengan sebuah mobil keluarga. Tas tangan bermerek sudah menjadi semacam lambang prestise kaum urban. Terbayang kan betapa kesalnya jika tas tangan kesayangan yang harganya selangit itu terkena noda? Tak lagi perlu khawatir, kini Anda bisa membawa tas kesayangan yang kotor ke tempat pencucian profesional dan mengembalikan keindahan tas atau sepatu kembali seperti semula.

Noda karena gesekan celana jins, noda kehitaman di bagian pinggir, juga bercak noda karena jamur, adalah hal-hal tersering yang merusak keindahan tas. Tas atau sepatu dari bahan kulit, suede, nubuck, kanvas, atau nylon, biasanya memiliki harga yang sangat mahal. Namun, mencoba membersihkan sendiri tas atau sepatu dengan bahan-bahan tersebut bisa memperparah keadaan. Anda butuh jasa profesional untuk mengembalikan keindahannya tanpa merusak kualitasnya.

Berawal dari pengalaman dan kepuasan, Ticco Chandra (27), membawa brand Colorwash yang berpusat di Singapura untuk mengembangkan benderanya di Jakarta. Colorwash merupakan jasa pembersihan dan recoloring tas serta sepatu profesional yang menangani produk-produk yang rentan, cenderung sulit dibersihkan, plus mahal. Colorwash menawarkan jasa pembersihan profesional untuk kulit natural/treated, kulit patent dan pvc, suede dan nubuck, kanvas dan nylon. Selain pencucian, tersedia pula jasa pewarnaan kembali tas yang warnanya mulai hilang atau rusak karena noda permanen.

Selain perbaikan, Colorwash juga menawarkan pelayanan tambahan, seperti reparasi tas, perlindungan tas dan perawatan sepatu (waterproofing), pelapisan ulang aksesori (chroming), pembersihan jaket kulit, ikat pinggang, sarung tangan, dan aksesori tambahan perawatan di rumah. Untuk masing-masing perawatan bisa memakan waktu seminggu sampai dengan satu bulan, tergantung ukuran dan tingkat masalah.

Saat ini, Colorwash yang memiliki 5 outlet di Singapura bekerja sama dengan beberapa butik kenamaan, seperti Bottega Veneta, Burberry, Chanel, Gucci, Dior, dan Fendi. "Asal masalahnya adalah kotoran, kami bisa bersihkan lewat mesin dan teknik by hand yang diajarkan langsung oleh pemilik franchise asal Korea untuk memastikan kualitas terbaik dan tidak merusak kulit tas atau sepatu," jelas Ticco.

Untuk harga, Colorwash mematok mulai dari Rp 70.000 untuk mencuci sepatu kotor, hingga Rp 1.390.000 untuk pewarnaan ulang tas besar. Tersedia pula pelayanan oil stain removal, seharga Rp 280.000 untuk mengatasi noda minyak yang sulit diatasi. "Harga tas yang masuk ke tempat saya untuk diperbaiki bisa mulai dari 30 sampai ratusan juta rupiah. Namun, kadang ada pula orang-orang yang datang untuk membersihkan tas atau sepatu yang mungkin tidak mahal, tetapi memiliki sentimental value," jelas Ticco kepada Kompas Female, Selasa (13/7/2010).

Namun, ketika menyangkut garansi, Ticco menjelaskan, memang ada klausul dalam perjanjian sebelum tas berada di tangan Colorwash. Sebelum menyerahkan setiap tas atau sepatu, yang kemungkinan harganya sangat mahal tersebut, akan ada pengecekan dan persetujuan apa dan bagaimana hasil yang akan didapat si pelanggan. Pastikan Anda mengetahui hasil dari upaya yang dilakukan Colorwash sebelum menyerahkan tas atau sepatu kesayangan Anda.

Colorwash Plaza Indonesia, P-3/2, lantai basement
Jl. MH Thamrin kav. 28-30
Tel. (021) 2992 3528. www.colorwash.co.id

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com