Jumat, 18 April 2014
Penggunaan Emas dalam Dunia Perawatan Kecantikan
Selasa, 20 Juli 2010 | 14:01 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Facial emas belakangan ini sempat tren. Emas dan kilaunya bisa membantu membuat wajah terlihat lebih "kinclong".

KOMPAS.com - Emas yang sejatinya lebih dikenal sebagai logam mulia untuk perhiasan ternyata juga memiliki kemampuan untuk mempercantik perawatan kulit. Saat ini sudah banyak orang yang mendengar mengenai facial emas. Ya, emas dalam arti sesungguhnya sudah banyak digunakan sebagai kandungan facial. Kok bisa?

Ternyata, penggunaan emas untuk kecantikan dan perawatan kulit bukan baru-baru ini saja. "Sejak zaman Cleopatra pun emas sudah digunakan untuk kecantikan," tutur dr Titi Lestari Sugitor, dermatolog, dalam peluncuran Pond's Gold Radiance beberapa waktu lalu.

Menurut www.beauty-cosmetic-guide.com, emas juga ternyata sering dipakai dalam cara perawatan oleh masyarakat India dalam pelajaran Ayurveda, yakni sebuah sistem penyembuhan natural yang datang dari nenek moyang mereka. Misal, emas digunakan untuk menyembuhkan masalah jantung, karena dikatakan bisa membantu sirkulasi darah.

Untuk kecantikan, menurut dr Titi, seiring perkembangan teknologi, fungsi dan kegunaan emas makin dikembangkan. "Emas tidak mempunyai pengaruh terhadap kesehatan, selain sebagai ajuvan, atau tambahan dalam produk-produk kecantikan. Misal, dicampur dengan produk pembersih, tabir proteksi, atau kelembapan," jelas dr Titi.

Mengenai alergi terhadap emas untuk kulit, menurut dr Titi, "Sebetulnya semua bahan bisa membuat alergi, tergantung orangnya. Tetapi emas memiliki tingkat penyebab alergi yang hypoallergenic. Emas merupakan bahan logam yang tingkat penyebab alergi yang paling rendah, tidak seperti nikel."

Diingatkan pula oleh dr Titi, bahwa emas tidak secara langsung akan membuat perubahan tekstur, karena tidak akan diserap ke dalam kulit. Emas sebaiknya hanya ada di bagian atas kulit, dan memberi tambahan efek tampilan atau sebagai tambahan cahaya yang terefleksi. Yang terpenting adalah kandungan kimiawi lainnya. Misal, saat emas digunakan sebagai campuran pelembap, cairan pelembap tersebutlah yang memiliki kandungan bermanfaat bagi kulit, bukan emasnya.

Penulis :
Nadia Felicia
Editor :
NF