Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susah Hamil Setelah Bedah Caesar

Kompas.com - 02/08/2010, 15:45 WIB

TANYA : Dok, saya seorang wanita pekerja dengan usia 38 tahun (berat 50 kg, tinggi 158 cm).  Saya udah mempunyai seorang anak berusia 6 tahun. Dulu saya melahirkan dengan cara caesar.  Yang ingin saya tanyakan, mengapa untuk hamil kembali sangat sulit, sedangkan saya tidak menggunakan KB apapun? Adakah vitamin yang dapat membuat saya hamil lagi, mengingat umur saya sudah tidak muda lagi.

Sebagai informasi, baru 3 bulan ini saya kembali berkumpul dengan suami. Karena dia tugas di luar kota,  pulangnya setiap 3 bulan sekali. Selama suami kembali dalam rangka cuti kerja, kondisi saya sedang menstruasi. Demikian pertanyaan saya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Rinka  

JAWAB : Ibu Rinka. Terimakasih atas email yang disampaikan. Pascabedah caesar sebetulnya tidak akan mempengaruhi tingkat kesuburan. Memang, pada usia 38 tahun tingkat kesuburanya mulai berkurang.

Tetapi berdasarkan dari informasi yang disampaikan ibu, di mana suami ada di luar kota, ini yang lebih mungkin menjadi penyebabnya. Saran saya, tetaplah untuk melakukan pemeriksaan dasar infertilitas. Setelah itu, baru diatur pertemuan dengan suami di masa-masa subur. Mudah-mudahan berhasil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com