Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Edukasi Orangtua Sekaligus Taman Bermain Anak

Kompas.com - 04/08/2010, 11:38 WIB

KOMPAS.com - Mencari taman bermain di perkotaan mungkin tak sulit, sejumlah mal sudah menyediakannya. Namun, pernahkah Anda sebagai orangtua mendambakan taman bermain dalam ruang yang aman, edukatif, dan tidak konsumtif? Atau bermimpi bisa kapan saja mendatangi rumah dengan para pakar di dalamnya, lalu bertanya langsung bagaimana caranya menjadi orangtua yang lebih bijak dan cerdas dalam membesarkan buah hati?

Orangtua di perkotaan, yang haus pengetahuan pola asuh atau pemahaman gizi anak, kini bisa memenuhi kebutuhan ini. Tak cepat puas dengan berbagai kegiatan parenting yang sudah dijalankannya, Dancow resmi membuka Rumah Dancow Parenting Centre (DPC), Selasa (3/8/2010). DPC berlokasi di Jalan KH M Shafi'i Hadzami (Taman Gandaria) No D4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Linda Amalia Sari S.IP, memberikan dukungannya dengan turut hadir membuka rumah edukasi bagi orangtua ini. Menurut Linda, hadirnya DPC merupakan salah satu pemenuhan hak anak, yakni untuk tumbuh dan berkembang.  

"DPC merupakan bentuk konkret dari kebutuhan orangtua dan anak. Letaknya juga mudah dijangkau. Sebaiknya tak hanya ibu dan anak yang datang, namun ayah juga. Karena biasanya, orang Indonesia menyerahkan urusan anak hanya kepada ibunya. Sekarang bapak pun harus terlibat," tegasnya dalam pembukaan DPC.

Pusat edukasi bagi orangtua ini dirancang dengan konsultasi mendalam bersama pakar, seperti dokter anak, psikolog klinis spesialisasi anak dan remaja, pakar nutrisi, bahkan organisasi Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI). Alhasil, konsep Rumah DPC dan metode pola asuh "Positive Parenting" yang diterapkan mampu memenuhi kebutuhan orangtua. Rumah yang bisa menjadi destinasi hiburan akhir pekan keluarga ini, menjadi sekolah alternatif bagi para orangtua di perkotaan.

"Dancow bekerjasama dengan berbagai pihak terkait seperti psikolog dari Universitas Indonesia, alat bermain dari Gymboree, buku bacaan edukatif dari Mizan dalam merancang program, dan aplikasi di Rumah DPC. Pendamping dari setiap kelas yang akan memandu pengunjung adalah para tenaga terampil, sementara untuk kelas konsultasi, para pakar di bidangnya akan langsung membantu orangtua," tutur Rully Gumilar, Category Marketing Manager Growing-up Milk, PT Nestle Indonesia, kepada Kompas Female usai pembukaan Rumah DPC.

Rumah DPC memiliki keunikan, karena dengan meluangkan waktu 120 menit saja, orangtua bersama anak bisa membawa pulang pengalaman dari program "Positive Parenting" untuk diaplikasikan di rumah.

"Orangtua datang bersama anak untuk mengikuti setiap tahapan kelas yang ada, dan tak harus berurutan. Bisa saja acak dengan melihat jadwal di tertera di layar kaca, dan, konsep yang dipelajari di sini bisa diterapkan di rumah," jelas Rully.
 
Rully berharap dalam 3-4 bulan ke depan, Rumah DPC bisa menjangkau sebanyak mungkin ibu untuk belajar bersama dan mempraktekkan konsep pola asuh lebih positif agar tumbuh kembang anak lebih optimal. Dengan begitu, Dancow bisa menyasar lebih banyak ibu di kota lain.

"Rencananya Rumah DPC akan dibuka di kota lain, namun kami harus melihat consumer satisfaction dari pembukaan di Jakarta. Bagaimanapun kenyamanan menjadi penting, dan ini perlu diukur dari pengalaman di Jakarta," tambahnya.

Rumah DPC di Jakarta menargetkan bisa mendatangkan sekitar 700 ibu dalam satu bulan. Setelah satu bulan (Juni-Juli 2010) masa percobaan, Rumah DPC dikunjungi sekitar 100 ibu. Sementara, Rully menyebutkan, kapasitas Rumah DPC bisa dilihat dari kunjungan 15 keluarga setiap dua jam untuk satu kelas. Rumah DPC memiliki lima kelas berbeda, dan dua di antaranya adalah ruang konsultasi, ditambah satu ruang playground.

Motivasi untuk datang ke ruang bermain sekaligus "sekolah" menjadi orangtua ini perlu dikembalikan kepada kesadaran para orangtua. Bagaimanapun, orangtua perlu menyadari adanya keterbatasan dalam diri. Dengan begitu, orangtua akan lebih bijak mencari bantuan yang tepat demi memberikan pola asuh optimal. Menjawab kebutuhan ini, Rully merespons, Rumah DPC siap memberikan ruang belajar bagi para orangtua dengan datang langsung, melalui hotline, atau bahkan surat elektronik.

Jadi para ibu, Anda tak perlu bingung lagi mencari sumber yang berkompeten untuk menjawab berbagai masalah pola asuh dalam keluarga, mulai sekarang.

Rumah Dancow Parenting Centre:
Jalan KH M Shafi'i Hadzami (Taman Gandaria) No D4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Telepon/Reservasi: 021-37474469
Website: www.dancow.co.id
Buka: Rabu - Minggu pukul 08.30 - 15.30 (hari kerja) pukul 08.30 - 18.00 WIB (Sabtu-Minggu).
Jangan lupa bawa struk belanja Dancow, senilai Rp 100.000 (2 box Dancow 800 gram), atau beli produknya langsung di lokasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com