Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jogging di Ruang Terbuka Bikin Lebih Enerjik

Kompas.com - 11/08/2010, 08:51 WIB

KOMPAS.com - Berolahraga di gym memang praktis. Dengan mengunjungi satu tempat saja, Anda bisa melakukan berbagai jenis latihan. Dari latihan kardio, latihan kekuatan, hingga berbagai pilihan group exercise.

Tetapi, ada kalanya latihan kardio yang dilakukan dengan menggunakan treadmill, elliptical machine, atau stepper, bisa sangat membosankan. Sebab, Anda melakukan gerakan yang sama di ruang tertutup (paling-paling hanya ditemani layar TV). Karena itu, bila Anda tidak sekadar ingin meningkatkan kadar energi, tetapi juga memperbaiki mood, sebaiknya tidak berolahraga di gym.

Menurut sebuah penelitian terbaru, berjalan atau lari di ruang terbuka akan lebih baik untuk tubuh dan pikiran. Mereka yang membakar kalori dengan jogging di taman juga akan merasa lebih bahagia daripada mereka yang latihan di gym. Anda juga akan merasa lebih energik, bahkan lebih mudah berkonsentrasi saat bekerja.

Keuntungan ini bisa diperoleh, karena ketika berada di tempat terbuka, kita dikelilingi oleh alam yang mendorong pikiran untuk rileks. Perasaan berhasil melarikan diri dari rutinitas juga membantu melawan mood yang buruk (jangan lupa, jogging di Stadion Senayan atau di jogging track kompleks perumahan juga bisa menghemat budget untuk nge-gym).

Hasil penelitian ini diperoleh setelah menyimak kembali 25 studi yang membandingkan antara manfaat latihan dalam lingkungan alami dan di lingkungan "buatan", seperti pusat kebugaran. Seperti dilaporkan oleh jurnal BMC Public Health, latihan di luar ruangan juga lebih baik dalam mengurangi rasa marah, kelelahan, dan kesedihan, daripada latihan di dalam ruangan. Meskipun demikian, tidak ditemukan bukti bahwa latihan di luar ruangan akan mendorong sistem kekebalan yang lebih baik, dan tekanan darah yang normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com