Jumat, 22 Agustus 2014
Segar Sekejap dengan Facial Mist Spray
Jumat, 20 Agustus 2010 | 15:08 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Cairan semprot penyegar wajah bisa membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam karena kekeringan.

KOMPAS.com - Salah satu kosmetik yang digunakan untuk mengembalikan kesegaran wajah para wanita adalah facial mist spray (penyegar wajah semprot). Seperti namanya, facial mist spray adalah botol semprot yang berisi cairan penyegar wajah yang didesain untuk menenangkan, melembapkan, dan mengembalikan kekenyalan pada kulit wajah yang kering dan lelah.

Beda produk, beda kandungan, facial mist spray bisa berisi kandungan yang berbeda-beda. Ada yang mengandung tabir surya, mineral, antioksidan, dan bahan-bahan lain untuk menutrisi dan melindungi kulit. Kebanyakan facial mist spray memiliki aroma yang menenangkan, atau aromaterapi untuk mendatangkan mood tertentu.

Untuk mendatangkan kesegaran, diperlukan kandungan air agar kulit bisa merasakan kesegarannya. Anda bisa menggunakannya pada saat kulit wajah terasa kering atau setelah melakukan perjalanan yang membuat kulit kering. Jika makeup mulai terasa kering, semprotkan cairan facial mist untuk memberikan kesan dingin dan menyegarkan.

Ada banyak tipe facial mist, tetapi yang penting, pastikan bahan dasarnya dari air. Tergantung mereknya, air yang digunakan pun bisa saja mengandung mineral yang berbeda dengan konsentrasi yang berbeda pula. Mulai dari kalsium atau magnesium. Ada pula yang menggunakan air pegunungan, air laut, atau air suling. Tergantung kebutuhan Anda.

Selain itu, facial mist spray sering pula ditambahkan zat-zat lain. Ada yang menambahkan tumbuhan herbal, minyak, dan ekstrak untuk membantu kulit lebih kenyal, kencang, atau efek lain pada kulit. Tak sedikit pula yang menambahkan efek tabir surya.

Ada dua guna dari facial mist spray. Pertama, bisa mengubah tampilan kulit wajah secara temporer. Kedua, karena fungsinya menenangkan dan wangi, bisa membantu Anda meredakan ketegangan. Beberapa produk ini bahkan diklaim bisa memberikan kesan kenyal pada kulit wajah, ada juga yang memberikan efek menyegarkan makeup. Perlu diingat, kebanyakan bahan baku dari kosmetik ini tak bisa diresap oleh kulit wajah. Jadi, meski bisa membantu mencerahkan wajah untuk sementara waktu, cairan penyegar wajah ini tak akan membuat perubahan fisik yang permanen terhadap kulit Anda.

Perlu dicatat, jangan pula terlalu sering menggunakan facial mist spray terlalu sering. Cara penggunaan kosmetik ini adalah dengan disemprotkan dan dibiarkan mengering sendiri. Hal seperti ini bisa membuat kelembapan yang sudah ada pada kulit wajah ikut terangkat dan malah membuat kulit lebih kering, mirip seperti kulit bibir yang kering jika Anda terlalu sering. Jika semprotan penyegar wajah yang Anda pilih mengandung pelembap, coba aplikasikan pelembap sesaat sebelum atau sesudah Anda menyemprotkan cairan ini. Fungsinya untuk menyimpan dan menjaga kelembapan tersebut. Perlu diingat pula, bahwa meski facial mist spray yang Anda pilih memiliki kandungan tabir surya, tabir surya tersebut tak bisa digunakan sebagai satu-satunya dasar untuk melindungi kulit Anda dari jahatnya sinar terik mentari.


Editor :
Nadia Felicia
BERITA LAIN: