Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roti Tawar Banyak Macamnya

Kompas.com - 20/08/2010, 16:18 WIB

KOMPAS.com — Roti tawar memang mengacu pada rasa. Artinya roti yang rasanya tawar. Namun, sebetulnya roti yang rasanya tawar itu ada banyak, lho, apalagi di negeri asalnya. Di sini toko roti yang menjual bermacam-macam roti tawar hanya sedikit jumlahnya. Kebanyakan hanya toko roti besar yang menyediakannya atau yang banyak dikunjungi ekspatriat. Roti-roti tersebut antara lain:

French bread/baguette
Di sini dikenal dengan sebutan roti tongkat karena bentuknya panjang mirip tongkat. Roti ini biasa dibuat garlic bread atau bruschetta atau dimakan begitu saja bersama sup.

Plan au levain
Masih jenis roti Perancis. Bentuknya bulat. Rotinya padat dan berkulit keras. Dibuat dari adonan asam. Biasa disajikan di awal santapan bersama mentega atau dimakan bersama sup.

Frankenbrot
Roti asal Jerman ini bentuknya agak panjang seperti baguette, tetapi tidak tinggi. Roti ini dibuat dari tepung rye.

Health whole wheat
Roti tersebut dibuat dari tepung gandum. Warnanya kecoklatan. Pada teksturnya terlihat kulit-kulit gandum. Roti ini sangat sehat karena berserat tinggi.

White bread
Ini adalah roti tawar biasa yang kita kenal selama ini, tetapi yang masih dalam bentuk potongan besar (belum diiris-iris).

Toast bread
Roti tawar biasa yang sudah diiris-iris, yang banyak dijual di supermarket. Roti ini bisa dimakan begitu saja, meskipun sebetulnya ditujukan untuk dipanggang.

Roti sehat/roti gandum
Ia sama seperti whole wheat bread, tetapi sudah dalam keadaan dipotong-potong. Dinamakan roti sehat karena dibuat dari tepung gandum. Rasanya sedikit kasar karena berserat tinggi.

(Majalah Sedap/Semijati Purwadaria)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com