Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maunya Meniru Lady Gaga, Malah Buta!

Kompas.com - 25/08/2010, 16:15 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Gara-gara meniru gaya Lady Gaga, seseorang akan mengalami kebutaan. Itulah jadinya menggunakan lensa kontak seperti yang dikenakan Lady Gaga.

Mata besar dan bersinar milik penyanyi eksentrik dalam video klip Bad Romance yang populer tersebut adalah hasil dari menggunakan lensa kontak jenis tertentu. Alhasil, gaya mata besar-lebar bak boneka itu menjadi tren dan banyak diburu penggemarnya.

Namun, tren mata boneka itu nampaknya akan segera lenyap karena penelitian sejumlah ahli menunjukkan bahwa lensa kontak tersebut berbahaya dan dapat mengakibatkan kebutaan.

Para ahli khawatir bahwa penggunaan lensa tersebut tanpa pengawasan dapat menyebabkan masalah, seperti infeksi mata, kerusakan pada penglihatan, dan bahkan kebutaan.

"Ada potensi seseorang kehilangan penglihatan mereka dalam waktu 24 jam akibat infeksi," ujar dr Assumpta Madu dari New York's Montefiore Medical Centre di New York seperti dilansir BBC.

Ironisnya, Lady Gaga bahkan tidak menggunakan lensa kontak dalam video tersebut. Mata bonekanya itu diperoleh akibat proses pengeditan sehingga tampak lebar dan berbinar.

Lensa kontak tersebut banyak beredar di Jepang, Singapura, Korea Selatan, dan kini mulai merebak di kalangan siswa SMU di Amerika Serikat.

Pemerintah AS melarang peredaran barang tersebut karena tidak sesuai standar kesehatan yang ditetapkan para ahli. Dengan harga 20 dollar AS-30 dollar AS, para fashionista dapat memiliki lensa kontak yang terdiri dari berbagai macam warna.

"Di daerah saya, (hal) ini jadi tren. Semua cewek memakainya," ungkap Melody Vue, gadis 16 tahun asal Carolina Utara.

Ia mengaku memiliki 22 pasang lensa kontak "ajaib" itu. Ia dan temannya menggunakan lensa kontak untuk foto profil Facebook mereka.

Para dokter menekankan bahwa lensa kontak seharusnya dapat dibeli jika disertai dengan surat keterangan dokter.

Bagaimana... Masih tetap ingin memiliki mata boneka hingga mengalami kebutaan? Lebih baik, jadilah diri sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com