Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melayani Bisnis Perawatan Tubuh dengan Hati

Kompas.com - 22/09/2010, 15:50 WIB

KOMPAS.com - Bisnis di bidang jasa selalu bicara rasa. Jika memutuskan akan menjual jasa, maka harus diikuti dengan menjual rasa juga. Perasaan nyaman bagi konsumen yang menikmati jasa, dan perasaan senang melayani bagi pelaku usaha. Inilah kunci sukses Salma Dian Priharjati bersama sang suami, Drs Aria Abiasa, yang membangun brand Dian Kenanga Totok Aura.

"Apa yang dirasakan oleh tamu, itulah yang menentukan keberhasilan. Pelayanan harus diperhatikan dengan baik sejak tamu masuk di pelataran parkir. Tanpa pelayanan yang baik sejak awal, tamu tidak akan datang kembali. Bahkan senyuman ramah dari petugas keamanan yang menyambut di depan sangat memengaruhi," papar Aria, saat ditemui Kompas Female di outlet pusat Dian Kenanga di Pejaten, Jakarta Selatan, Selasa (21/9/2010) lalu.

Dian dan Aria membangun mental melayani tamu sejak awal mendirikan Dian Kenanga pada 2004 lalu. Pengalaman bekerja pasangan ini selama belasan tahun, menempa sikap mental keduanya. Saat memutuskan membangun usaha totok aura, keduanya memiliki pola pikir yang sama. Yakni merajakan tamu dari pintu masuk sehingga muncul chemistry yang membuat tamu nyaman layaknya di rumah. Pilihan konsep gerai paduan desain kayu dan batu, serta konsep tradisional Jawa memberikan kesan rumahan yang membuat tamu semakin betah berlama-lama.

"Batu dan kayu memberikan energi beda dengan logam yang lebih menyerap energi. Selain itu, suasananya sengaja dibangun agar tamu merasa seperti di rumah sendiri," tutur Aria yang fokus pada pengembangan bisnis Dian Kenanga.

Konsep melayani secara holistik inilah yang dilihat pasangan pebisnis ini menjadi pembeda di antara jasa totok aura lainnya.

"Usaha ini dimulai dari kos-kosan daerah Ampera dengan tiga karyawan dan modal tidak lebih dari lima juta. Tapi karena mentalitas pelayanan, bisnis totok aura ini terus berkembang dan bisa dikenal seperti sekarang," kata Dian. Setelah enam tahun, Dian Kenanga Totok Aura kini berpusat di Pejaten Barat, Jakarta Selatan.

Konsep totok aura diperkenalkan pertama kalinya oleh Dian dan Aria. Totok aura yang ditawarkan Dian Kenanga adalah perawatan berbasis pengobatan yang menyasar wajah, tubuh, payudara, dan kaki. Hal ini menjadi terapi kesehatan untuk mengembalikan keselarasan sistem tubuh, melalui teknik totok untuk menyehatkan kembali aura. Aura dimaknai sebagai refleksi diri atas kondisi batin, fisik dan psikis.

"Meski saat ini banyak sekali terdapat layanan jasa totok aura, buat kami itu bukan masalah karena tetap ada pembedanya. Di sini, pelayanan terbaik tak sekadar diberikan atau dirasakan pada produk layanannya, namun juga di setiap sudut di rumah ini. Mulai kebersihan kamar hingga toilet. Saya sendiri selalu memastikan daun di vas bunga di atas meja ini tetap segar tanpa ada daun yang menguning. Semuanya dilakukan agar tamu merasa nyaman di rumah, bukan sekadar mendapat manfaat dari perawatannya," tutur Dian.

Pemilik usaha menjadi contoh teladan karyawannya
Dian menegaskan, bisnis apapun akan sukses dengan menyadari bahwa keberhasilan usaha bukan semata-mata karena konsep pemiliknya. Karyawan memegang peran penting untuk memajukan usaha.

"Keberhasilan usaha bukan hanya karena konseptor yang canggih. Di balik semua keberhasilan usaha ada peran karyawan yang pontang-panting melakukan pekerjaan apapun yang mendukung berjalannya usaha," tambahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com