Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kendala "Public Speaking"

Kompas.com - 04/10/2010, 14:17 WIB

KOMPAS.com - Kemampuan berbicara dan tampil di depan publik bisa dilatih dan dipelajari. Ilmu ini sangat berguna untuk menunjang berbagai profesi, karena hampir semua profesi bersentuhan dengan publik, dengan dua orang bahkan lebih. Untuk memiliki keterampilan public speaking, Anda juga perlu memahami empat kendalanya. Bukankah dengan mengenali masalah, Anda akan lebih mampu menghadapi berbagai kendala?

Presenter TV Choky Sitohang berbagi pengalaman dan passion-nya menjalani profesi public speaker kepada 38 finalis Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2010 saat masa karantina di kediaman Mooryati Soedibyo, Menteng, Jakarta, beberapa waktu lalu.

1. Melupakan potensi diri

Menurut Choky setiap orang punya potensi. Prinsip inilah yang perlu disadari sejak dini. Jadi, jangan pernah membatasi talenta yang ada dalam diri Anda, tegasnya. Anda juga harus menyadari kemampuan diri serta batasan kemampuan yang ada pada pribadi Anda. Dengan berbekal prinsip ini, Anda sangat mampu mengembangkan potensi dengan terus belajar dan mengasah talenta.

2. Meredupnya kepercayaan diri
Kurangnya kepercayaan diri menghambat Anda mengeluarkan potensi dalam diri saat tampil di depan umum. Kunci sukses public speaking, salah satunya, memupuk kepercayaan diri Anda. Pahamilah bahwa tak perlu menjadi orang sempurna untuk mengaplikasikan public speaking.

"Anda tetap bisa tampil dengan kemampuan yang kecil," tegas Choky, menambahkan bahwa orang yang lancar berbicara di depan umum bukan karena mahir sejak lahir.

Apapun apresiasi orang yang mendengarkan Anda berbicara, hargai saja. Maju terus dengan apa yang Anda miliki. Tak perlu melakukan apa yang orang lain inginkan. Namun Anda tetap harus mendengarkan suara atau kritik yang membangun, dan lakukan apa yang benar, papar Choky.

Kesiapan mental seperti inilah yang membantu seseorang meraih kembali kepercayaan dirinya.

3. Tak menguasai materi
Selain kesiapan mental, public speaker juga penting untuk selalu siap dengan materi yang akan disampaikannya. Public speaker adalah true messenger, kata Choky.

Pengalaman, background personal, sosial, juga pendidikan serta kapasitas talenta setiap orang berbeda. Faktor inilah yang memengaruhi keterampilan seseorang saat berbicara dan tampil di depan publik.

Meski begitu, semua faktor ini bukan menjadi pembenaran jika ternyata Anda belum sukses menjalani public speaking. Dengan kemauan untuk belajar dan menambah wawasan, kendala ketiga dalam public speaking bisa diatasi.

Dengan menguasai materi, pesan yang ingin disampaikan dapat diterima baik oleh publik. Tak menguasai materi adalah kondisi yang bisa terjadi saat Anda sebagai penyampai pesan maupun orang yang diminta pendapatnya atas suatu isu. Nah, cara Choky mengatasi kondisi ini adalah dengan memberikan materi atau jawaban yang sistematis.

"Untuk mendapatkan pointers yang tepat dan memilih kata yang tepat, Anda perlu memberikan jawaban yang sistematis. Jika tahu apa yang harus dijawab, mulailah dari landasannya, kemudian ungkapkan pengalaman, dan terakhir berikan opini Anda," jelasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com