Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjaga Kulkas Tetap Higienis

Kompas.com - 09/10/2010, 18:17 WIB

KOMPAS.com - Di era serba praktis ini, kehadiran barang-barang elektronik di dalam rumah sudah menjadi barang primer. Kulkas misalnya, merupakan salah satu barang wajib yang harus ada di dalam rumah.

Fungsi kulkas sebagai tempat penyimpanan makanan membuatnya harus diperhatikan dan dirawat dengan baik. Tidak saja untuk membuatnya lebih tahan lama, juga menghindari terjadinya proses kontaminasi pada makanan yang dapat disebabkan oleh suhu yang tidak dingin atau bagian dalam kulkas yang kotor.

Oleh karena itu, kulkas harus dibersihkan secara berkala. Pertama, matikan aliran listrik kulkas sebelum Anda membersihkan bagian dalamnya. Sembari menunggu bunga es pada freezer dan dinding kulkas mencair, keluarkanlah seluruh isi makanan dari dalam kulkas. Periksalah kembali seluruh makanan yang ada dan cermati tanggal kedaluwarsanya. Sayuran dan makanan lain yang sudah mulai membusuk sebaiknya segera dibuang, karena dapat menimbulkan bakteri yang hidup di dalam kulkas.

Bersihkanlah bunga es di dalam freezer agar keseimbangan suhu kulkas tetap terjaga dan dapat beroperasi dengan baik. Saat membersihkan bunga es yang keras, jangan menggunakan benda tajam untuk mengangkatnya karena hal ini dapat merusak lapisan freezer. Sebelum memulai membersihkan kulkas, Anda dapat menekan tombol defrosting untuk membuat bunga es tersebut mencair.

Bersihkanlah bagian laci dan rak pada kulkas dengan menggunakan sabun hingga bersih dan segera keringkan dengan sempurna. Bersihkanlah segera tumpahan makanan yang ada karena dapat mengotori permukaan plastik secara permanen.

Jangan lupa untuk membersihkan bagian luar kulkas. Anda dapat menggunakan larutan busa sabun lunak atau deterjen dalam suhu hangat dan basuhlah dengan kain lap basah, lalu keringkan.

Selain itu, usahakan agar kulkas selalu beroperasi dengan sempurna. Perhatikan suhu kulkas dengan baik, karena bila tidak dingin dapat merusak makanan dan menimbulkan bakteri maupun bau yang tak diundang. Untuk itu, aturlah suhu kulkas di posisi yang tepat, jangan tempatkan kulkas terlalu dekat dengan sinar matahari, dinding, atau sumber panas yang lain. Suhu kulkas yang tidak dingin juga bisa disebabkan karena sering membiarkan pintu kulkas terbuka, terlalu banyak makanan yang disimpan, dan freon sudah habis.

Dengan perawatan dan membersihkan secara berkala, kulkas Anda dapat tetap bekerja dengan sempurna dan higienis sehingga kondisi dan kesegaran makanan pun terjaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com