Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petik Manfaat Yoga

Kompas.com - 19/10/2010, 10:38 WIB

KOMPAS.com - Istilah yoga kini semakin jamak terdengar. Apalagi yoga kini bisa ditemui di berbagai pusat kebugaran. Latihan yoga disenangi oleh berbagai usia, dari anak kecil sampai orangtua, karena diyakini akan banyak manfaatnya.

Menilik sejarahnya, seni meditasi ini berasal dari negeri India, sejak 3.000 tahun lalu. Yoga berasal dari bahasa Sansekerta "Yuj" yang berarti penyatuan. Menurut para ahli yoga, penyatuan yang dimaksud adalah peyatuan tubuh dengan pikiran dan pikiran dengan jiwa untuk mencapai kebahagiaan, keseimbangan hidup, serta mendekatkan diri dengan Tuhan dan alam sekitar.

Yoga memiliki banyak jenis aliran, seperti hatha yoga, bikram yoga, yantra yoga, dan masih banyak lainnya. Aliran dasar dan populer adalah hatha yoga, yaitu penyatuan dengan pernafasan dan olah tubuh. Banyak pengembangan yoga, misalnya bikram yoga- yoga di dalam suhu ruang yang panas, sekitar 42 derajat Celsius sekaligus untuk detoksifikasi, pre natal yoga untuk ibu hamil, sun yoga untuk anak-anak. Pada dasarnya, semua aliran yoga memberi manfaat bagi kesehatan.

Terdapat penelitian terkini ilmuwan dari Duke University, Durham, North Carolina, Amerika Serikat, yang menyebutkan yoga bermanfaat meningkatkan kondisi kesehatan para penderita kanker payudara. Dalam penelitian itu diketahui bahwa orang yang melakukan program latihan yoga selama 8 pekan membuat badan lebih bugar karena beberapa syaraf tubuh yang mati bisa diaktifkan kembali.

Di samping itu, latihan yoga juga bermanfaat membantu meningkatkan kondisi fisik yang lemah menjadi lebih segar. Bahkan, yoga mampu meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkan rasa sakit, gangguan tidur, dan berbagai gejala stres.

Yang jelas, yoga dapat membantu memberikan keluwesan dan fleksibilitas yang baik untuk tubuh. Manfaat ini yang paling langsung terasa, karena di awal latihan, biasanya akan ada gerakan backbend yang menyentuh ujung ibu jari kaki. Pada awalnya mungkin akan sulit, namun, jika terus berlatih, tubuh secara perlahan lebih fleksibel dan akhirnya bisa menyentuh jempol kaki.

Seiring berjalannya waktu, rasa nyeri dan pegal-pegal di tubuh pun hilang. Selain manfaat fleksibilitas, yoga dapat membantu  memperbaiki postur tubuh dan manfaat lain yang berhubungan dengan tulang dan sendi, serta proses detoksifikasi. Hidup sehat dan tenang, bisa diawali dengan rutin mengikuti yoga.

(AJG/Kompas Klasika)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com