Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seni Makan Siang Bisnis

Kompas.com - 19/10/2010, 10:56 WIB

KOMPAS.com — Bosan dengan suasana rapat formal? Ciptakan suasana rapat yang santai dengan relasi lewat jamuan makan siang. Banyak keuntungan dan kesempatan yang bisa Anda dapat melalui gaya meeting ini.

Suasana Lebih Bersahabat
Mengunyah makanan dengan rasa enak dan bau yang mengundang selera ternyata bisa memengaruhi fungsi otak. Beberapa zat yang terkandung dalam makanan, seperti protein, karbohidrat, dan vitamin C, pun bisa memengaruhi kimia otak yang penting untuk kesiapan jiwa dan fisik, menimbulkan rasa tenang, serta bisa mengurangi stres. Itu sebabnya, lunch meeting seakan bisa menyulap suasana rapat yang tadinya penuh ketegangan menjadi cukup bersahabat. Selain itu, rapat di luar kantor juga bisa meminimalkan interupsi yang setiap saat bisa muncul, seperti kedatangan tamu dan telepon.

Menjalin Komunikasi Efektif
Suasana rapat yang bersahabat ternyata bisa membuat Anda lebih leluasa untuk mengeluarkan ide tanpa rasa segan karena tegang. Masukan, kritik, atau penolakan ide bisa lebih mudah diterima. Di samping ada topik lain sebagai pencair suasana, seperti komentar tentang rasa dan penampilan makanan. Percaya atau tidak, komunikasi lancar merupakan kunci kesuksesan dalam menjalin hubungan dengan relasi bisnis Anda.

Membangun Keakraban
Ruang rapat kantor dengan ukuran terbatas cenderung tak memiliki pemandangan selain papan tulis, meja, dan kursi. Cukup menambah ketegangan. Suasana kafe atau resto yang lebih "berwarna" ternyata bisa memengaruhi suasana hati menjadi lebih rileks. Lunch meeting yang berlangsung di resto favorit bisa dilakukan dengan rekan kerja atau klien. Pengambilan keputusan atau kontrak kerja sama tentu menjadi lebih mudah terlaksana, kan?

(Majalah Chic/Ayunda Pininta Kasih)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com