Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramping di Usia 40-an

Kompas.com - 22/10/2010, 16:10 WIB

KOMPAS.com - Di usia 40-an, perempuan sudah mulai kehilangan 10 persen dari massa ototnya. Alhasil, jika di 10 tahun sebelumnya tubuh bisa membakar sekitar 100 kalori per hari, sekarang sudah tidak lagi. Tambahan lagi, Anda mendekati usia mendekati perimenopause. Artinya, Anda akan menemukan masalah di bagian tengah tubuh. Di usia ini, memang akan ada banyak penumpukan lemak di bagian tengah perut, pinggul, dan paha. Begini cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kestabilan ukuran tubuh Anda:

* Tak ada yang lebih baik dari berolahraga
Metabolisme yang melambat mulai membuat Anda sulit untuk menghilangkan bobot tubuh berlebih, jadi Anda harus menambah beban latihan dan memastikan Anda melakukan latihan penguatan tubuh sekitar 2-3 kali per minggu, begitu saran Kathy Kaehler, pelatih kebugaran pribadi para artis Hollywood yang juga penulis Fit and Sexy for Life.

Lakukan latihan kardio yang cukup banyak, seperti bersepeda, setidaknya 40 menit selama beberapa hari seminggu. Menurut penelitian di University of Alabama, jika melakukan hal ini, Anda akan membakar banyak kalori, dan metabolisme tubuh Anda akan terdorong hingga 19 jam sesudahnya.

* Secara keseluruhan
Dengan makin sedikitnya asupan kalori, Anda akan makin memperkecil kesalahan. Masukkan menu yang terbuat dari gandung utuh, seperti beras merah dan sereal dari gandum utuh, yang akan mengenyangkan Anda tanpa menambah banyak kalori, ujar Bonnie Taub-Dix, RD, penulis Read It Before You Eat It.

* Penguatan bagian tengah tubuh

Karena bagian perut, pinggul, dan paha adalah masalah terumum mereka yang berusia 40-an, maka disarankan untuk melakukan olahraga yang berpusat pada area tersebut dengan melakukan gerakan jump-squat (lihat gambar). Lakukan 3 set dengan masing-masing 15 kali pengulangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com