Senin, 1 September 2014
Ibu Hamil Dilarang Minum Minuman Bersoda
Senin, 25 Oktober 2010 | 19:18 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Soft drink yang mengandung 12 sendok teh gula akan melemahkan kemampuan sel darah putih untuk melindungi tubuh dari bakteri jahat.

KOMPAS.com - Minuman bersoda (soft drink) banyak mengandung gula, asam fosfat/karbonat/soda, bahan pengawet, dan kafein, itu sebabnya mengapa ibu hamil dianjurkan untuk menghindarinya. Ada beberapa risiko jika konsumsi minuman bersoda berlebihan:

1. Mengalami obesitas. Penyakit kelebihan berat badan 75 persen dari berat ideal ini merupakan faktor utama penyebab meningkatkanya risiko diabetes (terutama diabetes tipe 2), dan penyakit kardiovaskuler. Jangan lupa, penyakit diabetes dapat memengaruhi bobot janin menjadi terlalu besar sehingga sulit dilahirkan.

2. Hipertensi. Kandungan kafein dalam minuman bersoda dapat menjadi pencetus munculnya hipertensi. Pada saat kehamilan, hipertensi dapat mendorong terjadinya kelahiran prematur.

3. Melemahkan sistem kekebalan. Ilmuwan telah membuktikan bahwa gula dapat menghalangi kemampuan tubuh melawan bakteri. Soft drink yang mengandung 12 sendok teh gula, cukup melemahkan kemampuan sel darah putih untuk melindungi tubuh dari bakteri jahat, yaitu sebesar 60 persen selama 5 jam. Konsumsi minuman bersoda secara berlebihan ditambah makanan bergula lainnya berpotensi membuat sel-sel darah putih tidak bekerja efektif untuk beberapa jam setiap hari.

4. Kesehatan tulang dan osteoporosis. Minuman ringan yang memiliki kadar asam fosfat yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan asupan fosfor dalam tubuh. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan risiko terhambatnya penyerapan kalsium serta berdampak terhadap penurunan massa tulang. Selanjutnya sudah dapat diduga, potensi untuk terkena osteoporosis pun semakin tinggi.

(Tabloid Nakita/Utami Sri Rahayu)


Editor :
Dini
BERITA LAIN: