Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal Kecil Pembangkit Mood

Kompas.com - 26/10/2010, 16:20 WIB

Sering merasa tidak bersemangat dan mengantuk di kantor? Jika iya, apa yang biasanya Anda lakukan? Apakah pergi ke pantry membuat secangkir kopi panas untuk 'menganjel' mata? Atau Anda memilih berjalan-jalan sebentar keluar kantor untuk mencari suasana lain?

Mungkin untuk jangka pendek, solusi ini terlihat cukup efektif. Untuk hasil jangka panjang yang terpenting adalah memperbaiki beberapa kebiasaan kita di pagi dan malam harinya. Berikut 4 tipnya :

- Setiap hari bangun pagi pada jam yang sama.

Barry Krakow, MD, direktur medis di Maimonides Sleep Arts and Sciences Ld, di Albuquerque, menyatakan memiliki jam bangun tidur yang sama setiap hari secara otomatis akan melatih sistem sirkadian tubuh. Ketika sistem tersebut sudah baik, maka pola tidur kita tidak akan terganggu oleh masalah apapun. Dan itu sama artinya kita akan terhindari dari masalah tidur atau insomnia.

- Lakukan aktivitas seks di atas kasur.

Asisten  profesor dari University of Maryland School of Medicine, Avelino Vetceles, MD menegaskan fungsi utama tempat tidur adalah untuk tidur dan berhubungan seks. Apabila kedua fungsi itu bisa dijalankan dengan benar, kita akan membuka mata dengan perasaan bugar dan bersemangat ke kantor.

-  Makan tepat waktu.

Tidak hanya jam tidur, mood kerja yang baik dapat juga diwujudkan dengan memiliki jadwal makan yang teratur. Biasakan untuk menyantap sarapan dan makan siang tepat pada waktunya. Jangan biarkan tubuh kita kurang ‘bensin’. Sebab kurangnya tenaga akan membuat kita merasa kantuk di siang hari. Untuk makan malam, dianjurkan dilakukan 3 jam sebelum waktu tidur.

- Jangan paksa tubuh istirahat saat kelelahan.

Setelah dijejali segudang pekerjaan seharian, biasanya yang kita inginkan adalah segera pulang dan merebahkan tubuh ke kasur. Banyak yang mengira rasa lelah akan mampu mengantarkan kita ke alam mimpi lebih cepat. Tapi anggapan itu salah, biasanya orang yang kelelahan malah akan sulit tidur dan mengantuk, jelas Krakow. Jadi, langkah yang lebih baik adalah membuat tubuh kita tenang dan rileks terlebih dahulu. Pada saat rasa kantuk benar-benar datang, biarkan tubuh kita terlelap oleh mimpi. (Christina/Astrid Anastasia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com