Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya untuk Para Meat Lover!

Kompas.com - 29/10/2010, 17:04 WIB

KOMPAS.com - “Ternyata memasak steak ala restoran itu mudah,” pikir Anda setelah melihat acara memasak di televisi. Anda pun bergegas ke swalayan dan membeli daging sapi. Aduh! Ternyata daging yang Anda beli bukan daging untuk steak, melainkan untuk rendang.

Rasanya sungguh menjengkelkan, ya? Jangan cepat putus asa karena sebenarnya cara memasak daging sapi tidaklah sulit, asal tahu yang pas dan piawai dalam memilih daging yang tepat plus berkualitas. Nah, apa saja yang harus diperhatikan agar daging yang dibeli benar-benar segar dan halal?

Swalayan atau pasar?
Belakangan ini, beberapa pasar swalayan mulai banyak menjual daging yang diperoleh dari bibit luar negeri yang dikembangkan di sini. Untuk harga, memang lebih murah dibandingkan daging sapi lokal.

Biasanya, konsumen kurang awas sehingga kurang pandai membedakan jenis-jenis daging ini. Salah satunya karena tampilan yang nyaris serupa. Berbeda dengan hewan ternak kecil seperti unggas, malah lebih mudah dibedakan karena jenis dagingnya sangat berbeda.

Nah, jangan segan bertanya kepada butcher di counter daging. Biasanya, informasi yang diberikan cukup membantu, lho! Anda pun bisa meminta langsung daging dipotong sesuai kebutuhan. Praktis, kan?

Untuk mengetahui daging yang disembelih secara legal alias dipotong dengan tata cara pemotongan sesuai syariat Islam, biasanya ia ditandai dengan cap berwarna ungu yang berasal dari Dinas Peternakan setempat. Jadi, jangan terjebak dengan harga murah. Lebih baik mengeluarkan uang lebih banyak asalkan dagingnya berkualitas. Oleh karena itu, belilah daging di tempat-tempat yang resmi.

Sementara, di pasar tradisional biasanya penjual daging sapi terpisah dengan daging babi. Meski dijual dalam rak terpisah tidak ada jaminan pemisahan juga dilakukan pada ruang pendingin dan penggunaan peralatan. Maka, jangan segan untuk bertanya kepada pihak swalayan tentang asal daging, dan ada atau tidaknya sertifikat halal.

Biasanya daging sapi yang baik memiliki ciri-ciri fisik yang mengilap, berwarna cerah (merah) atau tidak pucat, tidak berbau asam atau busuk. Saat dipegang daging juga akan terasa basah, namun tidak lengket di tangan, elastis, dan tidak lembek. Belilah daging yang digantung untuk menghindari daging sapi gelonggongan.

Trik membersihkan
Sebelum daging dipotong untuk berbagai keperluan, bersihkan otot-otot dan lemak yang tidak diinginkan. Jika perlu, cuci dan keringkan dengan tisu dapur atau serbet bersih. Hindari mencuci daging setelah dipotong, ya!

Buang lemak-lemak yang menempel pada daging, arahkan mata pisau yang tajam ke permukaan otot. Setelah dicuci, masukkan ke dalam freezer.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com