Selasa, 21 Oktober 2014
Beda Bahasa Tubuh Pria dan Wanita Saat "Flirting"
Senin, 1 November 2010 | 17:07 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Senyuman malu-malu si pria menandakan ia tertarik. Si wanita yang seakan gelisah memainkan ujung jarinya juga menandakan ketertarikannya.

KOMPAS.com — Tanpa sadar, kita hanya butuh waktu antara 90 detik dan 4 menit untuk menyadari apakah seseorang sedang flirting pada kita atau tidak. Menggunakan bahasa tubuh adalah hal yang paling umum untuk kita mengetahui apakah ia suka pada kita atau tidak. Tentu, bahasa tubuh bukan satu-satunya cara untuk mengenali hal tersebut. Menurut Discovery Health, kita menyadari seseorang sedang flirting pada kita sebanyak 55 persen sinyal tersebut datang dari bahasa tubuh, 38 persen dari nada dan kecepatan suara, serta 7 persen dari ucapan.

Jelas sudah, bahasa tubuh saat flirting ternyata lebih jelas mengungkapkan isi hati, dan bukan kata-kata genit untuk mengajak kenalan. Tentunya, ada perbedaan antara pria dan wanita saat flirting. Apa saja?

Perempuan

Beberapa hal yang menunjukkan seorang perempuan tertarik kepada pria:
* Ia akan memberi sinyal "mengundang" dengan tatapan sensualnya.
* Ia pun akan melakukan gerakan dengan ujung jarinya. Misalnya, memutar bagian lingkar gelas, memutar pulpen, memijat pundak atau lehernya sendiri, atau menyentuh atau memijat pelan lengan si pria.
* Bermain dengan rambutnya adalah salah satu senjata yang dilakukan oleh perempuan untuk memberi tahu bahwa ia menyukai seorang pria. Banyak cara untuk bermain dengan rambutnya, bisa dengan mengibaskan, menyelipkan di balik kuping, bermain dengan poni, atau melilitkan rambut pada salah satu jemarinya.
* Bibir pun tak hanya berfungsi untuk berbicara. Bermain dengan bibirnya juga menandakan ia tertarik pada pria. Baik dengan mengaplikasikan lipstik berwarna merah maupun memakan saus cokelat dengan perlahan juga bisa menjadi cara untuknya menunjukkan ketertarikannya.
* Menyilangkan dan mengganti silang kaki secara berulang juga merupakan salah satu cara penarik perhatian.
* Senyum manis yang dilemparkan kepada satu orang secara terus-menerus juga merupakan tanda yang sudah sangat jelas bahwa ia tertarik.

Laki-laki
Pria senang mengejar wanita. Salah satu bagian dari pengejaran yang dilakukan pria adalah dengan mengirimkan pesan bahwa ia tertarik pada seorang perempuan. Salah satu contohnya, ia akan berusaha membuat dirinya terlihat tegap dan tinggi. Sebagian pria juga akan menaruh tangannya di pinggang. Ia pun juga bisa saja memainkan rambutnya, merapikan kancing lengan kemejanya, merapikan baju, dan melirik ke cermin untuk memastikan tidak ada sesuatu yang memalukan di wajahnya. Lainnya:

* Ia akan sedikit menaikkan alis matanya saat menatap si perempuan.
* Ia pun tak segan melakukan ketidaksengajaan, seperti menabrakkan diri.
* Saat di luar waktu kerja, pria senang bersantai. Namun, bila ia merapikan dasi dan bajunya saat melihat seorang wanita, berarti ia tertarik.
* Cara lainnya adalah dengan mendekatkan diri kepada si perempuan dan memasang muka serius saat mendengarkan si perempuan.
* Senyum yang malu-malu juga mengisyaratkan ketertarikannya.
* Ia akan mencari cara untuk menyentuh lengan, punggung, lutut, pundak, atau bagian tubuh lain yang tidak mengisyaratkan tempat terlarang. Jika dilakukan dengan benar dan diterima baik, si perempuan bisa merasa tersanjung karenanya.
* Ia pun akan memastikan bahwa bahasa tubuhnya terbuka. Artinya, ia tak akan melipat tangannya atau memutarbalikkan tubuhnya seperti tak tertarik. Ia justru akan melakukan sebaliknya.

Ada sedikit perbedaan cara antara pria dan wanita dalam memberi isyarat bahwa ia tertarik dengan lawan jenisnya. Namun, yang paling membuat lawan jenisnya tersanjung adalah dengan menirukan bahasa tubuh si orang yang ia taksir.


Editor :
Nadia Felicia
BERITA LAIN: