Kamis, 18 September 2014
10 Jenis "Foundation" yang Perlu Anda Tahu
Kamis, 11 November 2010 | 10:22 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kita harus menggunakan foundation yang cocok dengan jenis kulit.

KOMPAS.com - Foundation atau alas bedak merupakan riasan dasar yang penting. Dengan mengaplikasikan foundation wajah, kulit akan tampak lebih halus dan mulus dalam waktu singkat. Fungsi lain dari foundation adalah menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah, seperti bekas jerawat, kerutan halus, atau warna kulit tidak merata. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kita harus menggunakan foundation yang cocok dengan jenis kulit. Agar tahu apa yang cocok, ayo kenali dulu jenis-jenis foundation berdasarkan tekstur dan jenis kulit.

Sheer foundation. Foundation jenis ini biasanya mengandung silikon sehingga mudah untuk diaplikasikan, dan tetap tampak alami tanpa terlihat berminyak.

Oil-based foundation. Foundation ini tepat digunakan bagi Anda yang memiliki kulit kering. Sebelum menggunakan, kocok terlebih dahulu agar semua formulanya larut dengan sempurna.

Matte foundation. Sangat cocok untuk kulit berminyak karena tidak mengandung minyak. Namun ingat, matte foundation juga cepat kering. Oleh karena itu jangan pernah mengaplikasikan foundation jenis ini terlalu tebal.

Liquid foundation. Liquid foundation terdiri atas dua jenis: berbahan dasar air, dan berbahan dasar minyak. Foundation berbahan dasar air cocok untuk kulit berminyak dan sensitif. Sementara yang berbahan dasar minyak cocok untuk kulit kering atau yang mengalami dehidrasi.

Cream foundation. Foundation ini memiliki tekstur yang lembut seperti krim dan mengandung banyak pelembab. Sangat pas untuk Anda yang memiliki kerutan-kerutan halus karena tekstur krimnya mudah merata. Alas bedak ini digunakan untuk kulit kering dan normal karena membuat wajah terkesan lebih lembab.

Mousse. Bentuk alas bedak ini menyerupai busa yang sangat halus dan memiliki daya tutup yang maksimal. Hasilnya terlihat sangat natural. Cocok untuk semua jenis kulit, terlebih kulit yang mulai menua karena tidak menggumpal di area kulit yang mengkerut.

Compact foundation. Gabungan antara bedak tabur dan foundation yang dikemas dalam satu wadah. Foundation ini banyak digemari wanita aktif karena cara pengaplikasiannya tergolong mudah dan cepat. Cukup gunakan spons, lalu ratakan ke seluruh wajah, seperti halnya menggunakan bedak.

Two way cake. Bentuknya berupa bedak dan dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Bila dipakai dengan spons basah, akan tampak seperti memakai alas bedak cair atau krim. Bila dipakai dengan spons kering, hasilnya seperti memakai bedak padat. Hebatnya lagi, two way cake cocok untuk semua jenis kulit. Kelemahan jenis foundation ini adalah mudah berjamur.

Stick. Foundation ini cocok untuk kulit kering dan normal. Selain awet di wajah, alas bedak stick dapat juga digunakan sebagai penutup noda hitam pada wajah dan flek bekas jerawat.

Tinted moisturizer. Merupakan pelembab wajah berwarna karena mengandung pigmen warna. Kelemahannya tidak dapat maksimal menutupi flek di wajah. Pelembab ini bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang ingin menambahkan kesan coklat pada wajah, dan sangat cocok bagi yang ingin mengaplikasikan riasan minimalis. Pelembab jenis ini cocok untuk semua jenis kulit.

(Ira Nursita)


Editor :
Dini
BERITA LAIN: