Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Kepiting Khas Bangkok

Kompas.com - 11/11/2010, 15:42 WIB

KOMPAS.com - Nikmati kelezatan Kepiting Saus Telur ala restoran Bangkok 69 yang begitu lezat. Walaupun makan satu ekor kepiting rasanya tak cukup.

Restoran yang terletak di Jalan Bendungan Hilir Raya No. 23, Jakarta Pusat ini merupakan cabang dari Bangkok 69 Kelapa Gading. Menurut Pengelola Bangkok 69 Hendy Susanto, restoran ini merupakan usaha keluarga.

"Cabang Benhil baru jalan 3 tahun dari Maret 2008, kalau yang di Kelapa Gading pusatnya sudah 21 tahun," jelas Hendy.

Hendy mengelola Bangkok 69 cabang Benhil sementara yang di Kelapa Gading masih dipegang langsung oleh orang tuanya. Orang tua Hendy mendirikan Bangkok 69 di Kelapa Gading dari nol.

"Ayah saya awalnya kerja di restoran orang lain, dari mulai nyuci piring sampai terus meningkat dan punya modal lalu buat usaha kecil-kecilan. Bikin warung tenda dan sampai akhirnya menjadi restoran," cerita Hendy.

Restoran ini sendiri menyediakan aneka menu seafood, Chinese food, hot plate, dan menu bakar. Lalu mengapa dinamai Bangkok 69?

"69 itu lambang zodiak Cancer. Jadi Bangkok 69 itu spesialis kepiting khas bangkok," jawab Hendy.

Karena satu porsi menu bisa untuk 3-4 orang, restoran ini cocok untuk menjamu keluarga atau rombongan. Khusus cabang Benhil karena wilayah perkantoran, sebagian besar pengunjung adalah pegawai kantoran. Karena itu, di tempat ini juga tersedia ruang pertemuan.

Hendy mengeluarkan menu andalannya yaitu Kepiting Telur Asin untuk dicicipi Kompas.com. Kepiting jantan dengan balur tepung dan digoreng ini aromanya saja sudah mengundang air liur. Paduan daging kepiting dan saus telur asin sangat serasi. Saus ini hanya menggunakan kuning telur, rasa asin pun dengan sopan mampir di lidah, bukan asin yang menghentak. Harga menu ini Rp 12.500 per ons.

"Favorit di sini memang Kepiting Saus Telur atau Udang Telur Asin," kata Hendy.

Hendy juga merekomendasikan menu baru yaitu Gurame Bakar Siram Lada Hitam seharga Rp 52.500. Bumbu lada hitam diosen dan disiram di atas gurame bakar. Ada rasa legit terlintas tapi berpadu dengan cantik bersama lada hitam. Gurame yang disajikan besar dan bisa dinikmati untuk 4 orang.

Bahan seafood sangat beragam, mulai dari ikan krapu, ikan nila, udang, aneka kerang, cumi, sampai lobster. Selain itu, Bangkok 69 memiliki Chinese food favorit berupa Lindung Cah Fumak. Menu lainnya yang patut Anda coba adalah Burung Dara Cabe Garam, Udang Mayones, dan Lindung Hot Plate.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com