Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Smart Saat Bergaya Etnik

Kompas.com - 16/11/2010, 08:12 WIB

KOMPAS.com - Selain bergaya dengan motif floral, bergaya etnik juga menjadi gaya andalan di musim panas kali ini. Tinggal di negara dengan kaya budaya, tidak membuat Anda “mati gaya” dalam berbusana etnik.  Mari berbusana etnik dengan smart!

Kenali kain lain!
Ketika kata “etnik” terucap, jangan hanya memikirkan batik! Begitu banyak kain Nusantara lain yang bisa dipilih, dari tenun hingga lurik. Kain-kain tersebut kini hadir dengan bahan yang lebih ringan sehingga adem  dipakai. Tahukah Anda kalau kain tenun saja begitu beragam motifnya dari tenun NTT yang sangat “jungle” hingga tenun ikat sutera Sengkang dari Sulawesi Selatan yang seperti kristik. Semakin kaya, bukan?

Pilih desainnya
Busana berbahan kain Nusantara kini hadir dengan desain yang fashionable, dari dress hingga coat.  Memakai kain pun bisa tampil chic, asalkan Anda mencampurkan elemen berat dengan ringan. Kalau Anda memakai rok seperti kain, padankan dengan atasan berbahan kaus dan tambahkan kalung bermodel simpel. Anda pun terlihat berbeda!

Total look
Memakai busana etnik harus disesuaikan dengan make-up dan rambut, karena salah-salah Anda bisa terlihat tua. Apabila busana Anda sudah terlihat berat, pilih gaya rambut yang ringan sehingga Anda tampak muda dan segar. Begitu juga halnya dengan make-up.

Perhatikan aksesori
Aksesori etnik identik dengan aksesori berbahan alam seperti kayu, bebatuan, silver, dan emas. Pastikan aksesori yang Anda pakai sesuai “takaran”. Terlalu banyak memakai aksesori alam, Anda akan terlihat seperti dukun dari Afrika!

Bantuan LBD
Tidak punya budget untuk beli busana etnik? No problem! Sambar si LBD (little black dress) dan padukan dengan syal dan tas atau sandal etnik. Bisa yang berbau Nusantara ataupun yang berbahan alam. Saat ini sudah banyak ditemukan sepatu atau tas berbahan kain Nusantara, lho!

Pilihan lain adalah memadukan jumpsuit atau playsuit polos dengan ketiga item tersebut.

Simple, please!
Memakai gaya etnik dari ujung kepala hingga ujung kaki adalah ide yang buruk! Padukan item etnik dengan item modern. Memakai dress tenun dengan ankle boots? Why not

(Tabloid Nova/Franka)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com