Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Gampang Kendalikan Nafsu Makan

Kompas.com - 16/11/2010, 11:47 WIB

KOMPAS.com — Dokter Mehmet Oz, dalam jurnalnya yang berjudul You: On a Diet Basic, membagikan rahasia uniknya ini untuk Anda.

1. Pilih warna biru
Tanpa Anda sadari, permainan warna ternyata bisa berpengaruh terhadap nafsu makan. Warna lembut dan hangat, seperti kuning, hijau, pink, ungu, dan oranye, ternyata bisa membuat Anda makan lebih banyak. Tak perlu heran jika warna tersebut sering ditemui pada kemasan makanan atau dekorasi resto yang Anda kunjungi. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan warna biru sebagai penetral. Biru bisa mengurangi hasrat makan hingga 30 persen.

2. Gunakan cahaya terang

Memang asyik untuk ngopi dan menyantap hidangan di restoran dengan lampu-lampu bernuansa gold. Selain teduh, pencahayaan ini mampu menimbulkan rasa tenang dan memberi efek romantis. Ups, hati-hati, ternyata suasana redup cenderung remang bisa meningkatkan nafsu makan. Sebisa mungkin, pilihlah ruangan dengan pencahayaan yang terang jika Anda ingin makan besar.

3. Hindari tempat makan transparan

Salah memilih wadah makanan ternyata bisa berefek buruk bagi diet. Tempat makan atau piring transparan ternyata bisa membuat makanan terlihat semakin menggoda dan membuat susah kenyang. Sebuah penelitian dalam International Journal of Obesity di Amerika mengungkapkan, perempuan akan makan 71 persen lebih banyak jika menggunakan wadah transparan.

4. Hirup aroma buah
Penelitian dari The Smell and Taste Foundation di Chicago menyebutkan, aroma buah bisa mengurangi keinginan untuk makan banyak. Jika tak ada buah, menghirup wewangian jeruk bisa menjadi solusi tepat. Selain mudah didapat, pewangi ruangan beraroma jeruk bisa Anda letakkan di meja kerja atau mobil.

5. Tertawa dan bahagia
Pergi makan siang bersama rekan kerja ternyata bisa membuat Anda tak terlalu bernafsu untuk makan. Komunikasi yang terjalin antara Anda dan rekan bisa melenyapkan beberapa persen keinginan untuk makan banyak. Pasalnya, kehadiran orang lain bisa mengalihkan fokus Anda terhadap makanan.

(Majalah Chic/Ayunda Pininta Kasih)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com