Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Survival" Berdiet di Tengah Pesta

Kompas.com - 16/11/2010, 12:21 WIB

KOMPAS.com - Saat pesta kerabat memanjakan Anda dengan sederetan hidangan lezat menggoda, jangan sedih karena sedang diet. Beberapa makanan enak justru bisa mengendalikan nafsu Anda untuk makan lebih banyak.

Buah Segar
Jika sebelumnya buah ada dalam daftar menu hidangan penutup Anda, mulailah untuk mengkonsumsinya 20 menit sebelum makan besar. Beberapa potongan buah segar seperti apel, melon, atau semangka bisa memberikan asupan serat yang bisa memberikan efek kenyang dan mengendalikan bobot tubuh agar tak cepat melonjak.

Sup
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh dr Barbara Rolls, mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak air bisa mengurangi 20 persen asupan kalori. Pasalnya, sup bisa "mengganjal" perut Anda dengan kandungan air dan serat yang terdapat di dalamnya, sehingga keinginan Anda untuk makan besar pun berkurang. Jadi, tak perlu lagi menghindari semangkuk kecil sup dengan kandungan sayur atau jamur sebagai hidangan pembuka.

Jamur
Jangan abaikan kehadiran jamur hanya karena ia kurang menarik dibanding sepotong daging bakar. Diam-diam, jamur bisa memberikan kepuasan yang sama seperti saat Anda menyantap daging sapi. Bedanya, kandungan kalori dan lemak yang terdapat dalam jamur jauh lebih rendah. Jadi, keinginan Anda untuk menyantap berbagai olahan daging dapat dikurangi.

Permen Karet
Penelitian yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa permen karet sugar free bisa meningkatkan tubuh membakar kalori dan memberikan efek kenyang. Mengunyahnya selama 10 menit sebelum makan bisa mencegah Anda makan berlebihan.

Kurangi Jumlah, Perbanyak Varian
Tak ada salahnya untuk mencicipi beragam variasi makanan yang tersedia di buffet. Triknya, ambil sebanyak satu sendok makan untuk setiap varian menu yang ingin Anda cicipi. Setidaknya, Anda tak penasaran lagi dengan rasa makanan yang tampak begitu menggoda. Tak makan sama sekali malah berpotensi membuat Anda makan lebih banyak nantinya.

(Ayunda Pininta Kasih/Majalah Chic)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com