Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kosmetik Pengganti Saat Kepepet

Kompas.com - 22/11/2010, 12:37 WIB

KOMPAS.com — Ada saat-saat ketika kita harus bepergian atau mendadak diajak kencan dengan gebetan, tetapi Anda tak bisa tampil prima karena produk kosmetik andalan tak ada di sekitar. Jangan takut, sebelum panik, ketahui dulu alat-alat yang bisa Anda gunakan untuk menggantikan produk yang biasa Anda gunakan.

Sampo bayi sebagai pengganti "makeup remover"
Tidak ideal, memang, tetapi hal ini akan sangat membantu. Ketika Anda bepergian dengan anak, tetapi lupa membawa makeup remover, di malam hari saat toko sudah tutup, yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan sampo bayi untuk mengangkat lapisan tebal makeup dari wajah. Plus, sampo bayi tidak bikin mata teriritasi.

"Conditioner" sebagai pengganti "shaving cream"
Tiba-tiba si dia mengajak Anda bertemu dengan keluarga besarnya. Pakaian tersopan yang Anda miliki adalah rok selutut, tetapi Anda belum mencukur rambut di kaki. Apa yang harus dilakukan? Cari conditioner rambut! Untuk sementara, karena darurat, Anda bisa gunakan conditioner untuk menggantikan shaving cream. Pelembapnya yang lumayan tebal bisa memberi barrier pada kulit saat Anda mencukur, dan membuat cukuran meluncur dengan mudah. Hindari penggunaan sabun untuk mencukur bagian tubuh karena bisa menyebabkan lecet.

Kuteks putih untuk mencegah eksim
Kancing celana jins yang terbuat dari nikel sering kali menyebabkan eksim ketika bersentuhan dengan kulit di bagian perut. Yang bisa Anda lakukan adalah melapisi kancing tersebut dengan kuteks bening sehingga kulit perut Anda tidak bersentuhan langsung dengan nikel tersebut.

"Petroleum jelly" untuk pengganti "lotion"
Petroleum jelly sering digunakan untuk banyak hal, mulai dari pengganti wax rambut, pelembap bibir, juga sebagai penenang kulit yang teriritasi. Saat Anda mencuci tangan dengan sabun sambil mengenakan cincin, sering kali akan terjadi penumpukan pada bagian bawah cincin. Penumpukan bekas sabun semacam ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Untuk mengatasinya, oleskan Petroleum jelly di malam hari untuk menenangkan kulit yang teriritasi tersebut. Untuk pencegahan, lepaskan cincin saat mencuci tangan.

Odol untuk mengatasi jerawat sementara
Besok Anda akan bertemu orang penting, lalu tiba-tiba saat becermin di malam hari, Anda melihat ada jerawat pada wajah, tetapi Anda kehabisan obat jerawat. Coba bersihkan wajah dengan pembersih lembut, keringkan, lalu oleskan odol pada jerawat yang baru tumbuh, tunggu hingga kering. Odol bisa membuat jerawat kering, tetapi gunakan hanya odol yang tak banyak tambahan, rendah fluoride, tidak mengandung hydrogen peroxide (pemutih) karena bisa membuat kulit teriritasi. Namun, perlu diingat, hal ini tidak untuk semua orang karena cara ini bisa membuat kulit yang sensitif teriritasi dan kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com