Rabu, 17 September 2014
Agar Bulu Mata Tebal Selamanya
Rabu, 24 November 2010 | 08:43 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Eyeliner hitam yang dibubuhkan pada dasar bulu mata juga bisa menciptakan nuansa lebat.

KOMPAS.com - Kita sering mengeluhkan bulu mata yang kian menipis. Berikut tips yang bisa menebalkan bulu mata dengan cepat dengan hasil memukau.

Menebalkan dengan kosmetik
Maskara memang bisa menjadikan bulu mata Anda terlihat lebih tebal, tapi ini bukanlah satu-satunya cara. Tak disangka, lem bulu mata ternyata bisa memberikan efek tebal. Pilih yang hitam dan oleskan pada bulu mata dengan memakai kuas kecil seperti memakai maskara," kata Hendro, makeup artist dari Revlon.

Selain itu, eyeliner hitam yang dibubuhkan pada dasar bulu mata juga bisa menciptakan nuansa lebat, saran Ira Sumardi, makeup artist L'Occitane. Tapi, ia menyarankan untuk menggunakan maskara yang tepat, supaya hasilnya lebih maksimal. Anda juga bsia mencoba ekstension bulu mata. Efeknya sama seperti bulu mata palsu, hanya saja tidak perlu diaplikasikan setiap hari. Umumnya, bulu mata ini bisa bertahan selama seminggu sampai satu bulan.

"Akhir-akhir ini klien saya yang berusia di atas 30 tahun, umumnya tidak mau repot-repot mengoleskan maskara setiap hari. Pilihannya adalah ekstension bulu mata agar terlihat lentik dan natural," kata Jumi dan Icut dari Alfons Grand Indonesia.

Bulu mata yang ditanam juga bervariasi, bergantung pada keinginan klien. Pemasangannya sendiri memerlukan waktu satu hingga dua jam untuk setiap satu mata. Bulu mata tidak ditempel per kelompok atau per garis seperti halnya bulu mata palsu, tetapi helai per helai. Harga ekstension bulu mata bisa mencapai Rp 500.000 untuk pemasangan pertama, dan Rp 250.000 untuk perawatan per bulannya.

Percepat pertumbuhan
Food and Drugs Administration (FDA) di Amerika sudah merestui Latisse, yaitu proses untuk membuat bulu mata lebih panjang, lebat, dan gelap dalam 8 minggu. Dengan pemakaian seperti eyeliner cair, produk ini akan mempercepat pertumbuhan bulu mata Anda. Menurut pendapat para dokter, metode ini memang bisa berhasil. Tetapi, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya. Karena risikonya tetap ada, seperti mata merah, iritasi, dan kelainan lain pada mata seperti bulatan mata yang menggelap. Biayanya sekitar Rp 1.200.000 per bulan.

Tidak tertarik secara medis? Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan conditioner bulu mata. "Cara ini bisa merangsang pertumbuhan, walaupun hasilnya tidak selebat Latisse," ungkap Richard Glogau, profesor dermatologi dari Universitas Carolina, San Francisco. Ia menambahkan, "Formula tanpa resep ini bekerja seperti retinol dan Latisse serupa dengan Retin-A yang diresepkan oleh dokter."

Penanaman bulu mata
Jika bulu mata kita rontok semua (mungkin saja terjadi karena penyakit), jangan khawatir, masih ada cara lain mengatasinya. Seperti halnya rambut sehat bisa ditanam pada kulit kepala yang sudah botak, bulu mata juga demikian -melalui operasi.

Biasanya rambut yang ditanam tadi akan rontok dalam beberapa hari, sebelum akhirnya tumbuh dan digantikan oleh bulu mata baru yang alami. Jangan heran bila biayanya bisa mencapai Rp 60.000.000, bahkan bisa saja menjadi lebih mahal.


Editor :
Dini
BERITA LAIN: