Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flek Coklat Saat Hamil 10 Minggu

Kompas.com - 11/12/2010, 09:23 WIB

KOMPAS.com - "Saya seorang calon ibu (24), sedang hamil anak pertama usia 10 minggu. Selama 2 hari berturut-turut saya keluar flek-flek coklat, kenapa ya? Saya takut sekali terjadi apa-apa dengan kehamilan saya. Benarkah hal itu pertanda akan keguguran? Tetapi saya tidak merasakan ada gejala lainnya, saya hanya merasa lelah. Beberapa hari ini saya memang banyak pekerjaan yang menuntut saya untuk duduk terus di depan komputer. Apakah hal ini dapat memengaruhi kehamilan saya? Satu lagi, apakah hubungan seksual juga bisa menyebabkan keluarnya flek-flek coklat tersebut?" (Ivana, via e-mail)

Menurut dr Judi Januadi Endjun, SpOG, Subbagian Fetomaternal Departemen Obstetri dan Ginekologi RSPAD Gatot Subroto, kehamilan normal tidak boleh mengalami perdarahan, meskipun hanya flek coklat. Perdarahan yang Anda alami harus dicari penyebabnya: apakah ada luka di vagina atau mulut rahim; apakah ada kelainan pada saluran mulut rahim (pendek dan atau membuka); apakah bakal plasenta letaknya menutupi lubang mulut rahim bagian dalam (ostium uteri internum); apakah ada bagian dari plasenta yang terlepas (perdarahan subkhorionik); apakah ada tumor jinak otot rahim yang menekan rongga rahim (mioma uteri submukosum); apakah ada kelainan pada kehamilan tersebut, misalnya, hamil anggur (mola hidatidosa), kematian embrio, kelainan janin; dan apakah ada gangguan hormon, seperti defek fase luteal (kekurangan hormon progesteron).

Semua kemungkinan penyebab tersebut harus dicari dengan teliti mempergunakan USG transvaginal. Selama Anda mengalami perdarahan, letak plasenta di bawah, atau risiko kegugurannya tinggi, maka Anda dilarang melakukan hubungan intim. Setiap pekerjaan yang menimbulkan kelelahan jasmani dan atau rohani, akan berdampak buruk terhadap kehamilan. Lakukan pekerjaan dengan santai dan berolahragalah secara teratur, minta nasihat dokter kandungan apa yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan.

Pada kehamilan 10-14 minggu sebaiknya Anda menjalani skrining USG trimester pertama, dan nanti diulangi lagi pada kehamilan 18-22 minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com