Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampil Menarik berkat Tidur Cukup

Kompas.com - 16/12/2010, 10:55 WIB

Kompas.com - Mitos waktu tidur yang cukup akan memengaruhi kesehatan dan kecantikan sudah lama diketahui. Namun studi termutakhir menyebutkan bahwa konsep tersebut bukan cuma mitos. Orang yang memiliki waktu tidur cukup, sekitar 8 jam, akan terlihat lebih menarik dibanding orang yang kurang tidur.

Penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Institut Karolinska, Stockholm, Swedia, membuktikan orang yang cukup tidur bukan cuma terlihat lebih menarik, tapi juga lebih sehat dan lebih bugar. dibanding yang waktu tidurnya kurang.

Para peneliti mendapatkan hal tersebut setelah mereka memotret wajah 23 laki-laki dan perempuan setelah mereka tidur cukup kemudian dipotret lagi setelah terjaga selama 31 jam. Proses pemotretan dibuat dalam standar yang sama, misalnya jarak ke kamera, tidak memakai make up hingga ekspresi wajahnay.

"Orang yang kurang tidur terlihat tidak menarik, kurang sehat dan lebih gampang lelah dibanding dengan mereka yang waktu istirahatnya cukup," tulis para peneliti dalam laporan yang dimuat dalam British Medical Journal.

Profesor Tidur dan Fisiologi pada Pusat Penelitian Tidur Surrey, Derk-Jan Dijk, mengatakan, dampak dari kurang tidur jauh lebih buruk dari foto yang diperoleh dalam penelitian karena foto itu diambil pada siang hari ketika jam tubuh berada dalam kondisi kesadaran penuh. ”Bayangkan wajah orang pada tengah malam atau dini hari saat jam tubuhnya meminta ia untuk tidur,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com