Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bola Bikin Anak Lebih Peka

Kompas.com - 23/12/2010, 17:27 WIB

KOMPAS.com - Permainan dan bermain bersama menjadi senjata ampuh bagi orangtua untuk mengajarkan keberagaman dan melatih kepekaan. Melibatkan anak dalam kegiatan bermain bersama besar pengaruhnya bagi anak. Pilih saja alat permainannya. Bisa berupa bola, gelembung sabun, atau permainan karet. Alat sederhana yang bisa didapatkan dengan mudah, dimainkan di mana saja, dan menyatukan anak-anak.

Menurut pakar pendidikan Henny Supolo Sitepu, anak bisa belajar menghargai keberagaman dengan diberikan kesempatan bermain bersama. Anak perlu diberikan kesempatan untuk bermain bersama anak lain dari berbagai latar belakang. Di sinilah anak belajar mengenal perbedaan kebiasaan, budaya, dan adat istiadat dari teman sebayanya. Henny melanjutkan, orangtua perlu memahami pentingnya bermain bersama bagi anak-anak. Pasalnya, sebagian kepekaan anak mulai terlatih saat mereka bermain bersama teman sebayanya.

"Anak-anak akan berkumpul saat bola dilemparkan. Bola adalah salah satu alat yang efektif sebagai penyatu anak dalam kegiatan bermain. Permainan seperti ini bisa dilakukan pada tempat umum dengan pengawasan orang dewasa. Sehingga anak bisa bermain dengan siapa saja, bahkan dengan anak lain yang baru dikenalnya. Memasukkan anak dalam kegiatan bersama dengan anak lain dari berbagai latar belakang penting sekali untuk melatih anak menerima keberagaman," papar Ketua Dewan Pengurus Yayasan Cahaya Guru ini kepada Kompas Female beberapa waktu lalu.

Mencetak anak yang peka dan menghargai keberagaman memerlukan keterampilan dari orangtua juga guru. Salah satunya dengan kreativitas menciptakan kegiatan bermain yang membuat anak datang dan berkumpul bersama.

Kata Henny, cara yang paling mudah adalah dengan melibatkan anak bermain bersama teman di lingkungan tempat tinggal. Anak perlu bermain bersama anak-anak tetangga yang memiliki berbagai latar belakang.

"Orangtua perlu menciptakan kesempatan bermain bersama, agar anak saling mengenal dengan temannya dari berbagai latar belakang," lanjutnya.

Bermain bersama juga perlu diciptakan dalam berbagai kesempatan, papar Henny. Ia mencontohkan, ciptakan permainan dalam acara ulang tahun anak. Perayaan ulang tahun anak tak perlu mewah, cukup sederhana. Sediakan saja satu jenis makanan dan minuman, saran Henny. Lalu ciptakan permainan untuk anak-anak.

"Bermain bersama lebih penting bagi anak-anak. Bukan materi yang diberikan saat merayakan ulang tahun," jelas Henny menambahkan, kesempatan bermain bersama perlu diciptakan orangtua sedini mungkin untuk anak-anaknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com