Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Pasangan Berbohong Tiga Kali Setiap Hari?

Kompas.com - 04/01/2011, 19:37 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah peneliti menemukan bahwa orang dewasa rata-rata berbohong sebanyak tiga kali setiap harinya. Kebanyakan, kebohongan ini dilakukan orang dewasa kepada pasangannya, teman kerja, dan teman dalam lingkungan pergaulannya. Jadi, jangan heran jika Anda mendapati pasangan berbohong kepada Anda, setiap hari.

Kebohongan terbanyak terjadi dalam urusan rumah tangga. Jika Anda menanyakan apakah pasangan sudah mencuci baju kesayangan Anda, lalu ia menjawabnya sudah, belum tentu kenyataannya sama. Bisa jadi baju kesayangan Anda disimpan rapat-rapat, bahkan disembunyikan dari Anda, karena menurut pasangan baju tersebut sudah tak layak pakai atau tak nyaman baginya untuk melihat Anda mengenakan baju yang terlihat lusuh.

Berdasarkan hasil survei yang diadakan Twentieth Century Fox Home Entertainment, sepertiga responden mengaku sering berbohong tentang tugas atau pekerjaan mereka. Kamuflase ini dilakukan agar bekerja terasa lebih ringan, walau kenyataanya masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Kebohongan lain juga dilakukan dalam mengisi formulir wawancara kerja, terutama pada bagian pengalaman kerja. Seperempat responden mengakui kebohongan ini.

Pria dan wanita gemar berbohong
Dalam hubungan berpasangan, baik pria maupun wanita gemar berbohong. Jika pria sering melebih-lebihkan jumlah wanita yang dikencani, lain lagi dengan wanita. Para wanita kerapkali mengaku tidak puas dengan hubungan sebelumnya. Baik pria maupun wanita ini tak mengatakan kenyataan yang sebenarnya.

"Meski senang berbohong, dua pertiga dari orang yang disurvei mengaku tidak jago berbohong. Tetapi bagaimanapun mereka lebih memilih berbohong karena seringkali dengan berbohong hidup terasa lebih mudah," kata juru bicara penyelenggara survei.

Bagaimana dengan Anda, bisakah mengenali gelagat pasangan saat berbohong? Atau memang Anda memiliki pasangan yang selalu bicara jujur apa adanya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com