Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Kacamata Meningkatkan Peluang Diterima Kerja?

Kompas.com - 05/01/2011, 08:14 WIB

KOMPAS.com — Untuk membuat kesan pertama yang hebat di mata pewawancara, ternyata Anda tidak harus mengenakan busana yang mengesankan Anda profesional atau menjabat tangan dengan erat. Cukup kenakan kacamata.

Begitulah kesimpulan studi yang dilakukan College of Optometrists, Inggris. Disebutkan, pencari kerja akan mendapat peluang lebih besar untuk diterima bekerja jika mereka mengenakan kacamata saat wawancara. Sepertiga dari orang yang disurvei mengatakan bahwa kacamata akan memberi kesan lebih profesional. Sementara 43 persennya mengutarakan, kacamata mengesankan kecerdasan. Kemudian, 40 persen responden tak keberatan memakai kacamata normal jika itu meningkatkan peluang untuk diterima.

Namun, alasan memakai kacamata tak sepenuhnya untuk menciptakan kesan cerdas. Sebanyak 6 persen responden memakai kacamata agar terlihat lebih modis (fashionable) dan 9 persen membayangkan bahwa kacamata akan membuat mereka lebih menarik.

Hasil penelitian ini rupanya tidak dianggap serius oleh beberapa kalangan. "Tidak mengejutkan bila banyak perusahaan ingin mempekerjakan staf yang cerdas, tapi stereotip lama yang mengatakan bahwa orang berkacamata itu cerdas harus dilupakan," kata profesor bidang psikologi, Cary Cooper, dari Lancaster University.

Menurut dia, kacamata justru merupakan indikasi buruk mengenai kecerdasan karena penglihatan Anda kurang baik. Akan tetapi mungkin saja ketika mengenakan kacamata orang jadi lebih percaya diri dan hal ini mengubah perilakunya. Dengan sendirinya, perubahan ini akan meningkatkan peluang mereka tampil baik saat wawancara.

Bagaimana dengan Anda? Pernahkah Anda memanfaatkan kacamata untuk menciptakan kesan tertentu?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com