Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Minum Obat Cina Usai Operasi Caesar?

Kompas.com - 21/01/2011, 08:50 WIB

KOMPAS.com - "Mohon penjelasannya mengenai obat Cina, Pien Tze Huang. Bulan depan saya akan melahirkan anak kedua dengan cara sesar karena panggul sempit. Kabarnya, obat Pien Tze Huang bisa mempercepat penyembuhan luka bekas operasi, termasuk operasi caesar, dan banyak ibu melahirkan secara sesar yang meminumnya. Kata teman-teman yang sudah mencobanya, obat itu memang manjur. Saya masih ragu karena takut ada efek sampingnya, tetapi saya juga tidak kuat jika harus menanggung rasa sakit akibat operasi caesar seperti yang pernah saya alami sewaktu melahirkan anak pertama. Kalau bisa, saya ingin melahirkan secara normal saja. Usia saya sekarang 36 tahun, dan anak pertama saya berusia 5 tahun." (Nurul Handoyo, via e-mail)

Menurut Dr Judi Januadi Endjun, SpOG, Subbagian Fetomaternal Departemen Obstetri dan Ginekologi, RSPAD Gatot Subroto, memang ada yang menganjurkan memberikan obat Cina yang namanya Pien Tze Huang kepada pasien yang baru dioperasi. "Saya sendiri tidak berani menganjurkan karena saat belajar di fakultas kedokteran tidak diajarkan terapi dengan obat tradisional," katanya.

Selain itu, setiap obat atau zat yang masuk ke dalam tubuh kita mempunyai potensi untuk saling berinteraksi atau dapat menimbulkan reaksi alergi. Bila reaksi alerginya berat (misal, menimbulkan serangan penyakit asma atau penyumbatan saluran nafas), dapat berakibat fatal.

Pada waktu operasi caesar, dokter akan menggunakan benang jahit khusus untuk menjahit rahim dan dinding perut. Benang-benang itu akan habis dan menjadi daging sesuai dengan ketahanan jenis benang yang dipakai. Rasa nyeri pascaoperasi pasti terjadi, dan dokter akan memberikan obat antinyeri (analgetik) untuk menahan rasa nyeri tersebut agar tidak mengganggu aktivitas Anda.

Operasi kedua dan seterusnya akan menimbulkan rasa nyeri akibat perlekatan-perlekatan yang terjadi. Bila panggul Anda sempit, maka Anda tidak dapat melahirkan normal. Perhitungan kapasitas panggul dengan CT-scan akan membantu memeriksa apakah panggul Anda sempit atau ada kelainan bawaan pada tulang panggul. Pada panggul sempit, kepala bayi normal tidak dapat melewatinya sehingga tidak dapat masuk ke dalam rongga panggul. Sebaiknya Anda menjalani pemeriksaan kapasitas dan jenis panggul sebelum program hamil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com