Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Teman Bicara yang Menguatkan

Kompas.com - 31/01/2011, 14:32 WIB

KOMPAS.com Saat terjebak dalam keadaan terpuruk karena kehilangan pekerjaan, pasangan, atau berbagai masalah personal lain, Anda membutuhkan orang lain sebagai teman berbagi dan mencari dukungan. Banyak orang di sekitar Anda yang bisa menjadi teman bicara. Anda hanya perlu memintanya.

Lantas, teman bicara seperti apa yang diperlukan seseorang dalam keadaan terpuruk? Untuk membangun kembali motivasi diri, seseorang dalam keadaan terpuruk membutuhkan dukungan orang lain secara utuh. Tipe teman bicara yang dibutuhkan, di antaranya, bersedia meluangkan waktu khusus, mendengarkan dan memahami masalah secara utuh, fokus total dengan pembicaraan, dan bukan sekadar formalitas. Selain itu, teman bicara yang dibutuhkan adalah mereka yang memberikan dukungan, membangun kepercayaan diri, serta memberikan motivasi dan dorongan positif.

Jika Anda memerlukan dukungan untuk menguatkan diri kembali setelah melewati sejumlah persoalan, cari bantuan dari orang terdekat untuk diajak bicara. Jika tak juga menemukan tipe teman bicara yang Anda butuhkan, mintalah bantuan kepada profesional. Anda perlu mengusahakan bantuan untuk menguatkan diri, bukan hanya menunggu bantuan datang. Sejumlah profesional berikut ini bisa menjadi pilihan teman bicara untuk mencari dukungan saat Anda merasa terpuruk dengan berbagai masalah:

* Mentor
Mintalah bantuan kepada mentor yang pernah atau sedang membantu Anda, apalagi jika sebelumnya Anda punya pengalaman positif darinya. Artinya, mentor yang Anda pilih tepercaya dan menjalin hubungan baik dengan Anda.

* Guru spiritual
Orang yang memiliki pemahaman agama yang baik bisa membantu Anda mengatasi masalah. Sisi religi dan spiritualitas juga bisa membantu Anda melewati masa sulit untuk kemudian bangkit menjalani aktivitas Anda.

* Konsultan
Jika persoalan Anda menyangkut masalah pekerjaan, cari bantuan kepada konsultan karier. Saat terpuruk karena terkena pemutusan hubungan kerja, Anda bisa mendatangi konsultan karier saat tiba waktunya bagi Anda untuk memasuki dunia kerja kembali.

* Pengajar pribadi dan karier
Pengajar akan mendampingi Anda meraih sasaran yang sudah Anda rancang untuk memperbaiki kualitas hidup dan karier. Mereka adalah profesional yang terlatih untuk memotivasi diri Anda meraih pencapaian yang sudah dirancang. Meski begitu, di antara banyak pilihan jasa coaching, Anda perlu memilih pengajar pribadi yang Anda rasa ideal dan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com