Kamis, 24 April 2014
6 Gerakan untuk Mengecilkan Paha
Rabu, 2 Februari 2011 | 18:44 WIB
|
Share:
SELF

Leg Blaster (kiri) dan Rump Raiser (kanan)

KOMPAS.com - Merasa paha Anda kelewat besar? Ingin membuatnya terlihat lebih ramping? Coba dengarkan saran dari Michele Olson, PhD, profesor ilmu olahraga di Auburn Montgomery University di Alabama. Menurutnya, melatih satu sisi tubuh dalam satu waktu adalah cara terbaik untuk mengencangkan kaki.

 

"Studi menunjukkan bahwa ketika Anda melatih dua sisi tubuh dalam waktu yang sama, sisi yang lebih kuat akan mengambil alih, sehingga bagian yang lebih lemah tidak mendapatkan manfaatnya," kata pencipta DVD Fitness Prescription: Perfect Legs, Glutes & Abs ini.

Untuk setiap gerakan, Anda harus melakukan tiga set dengan masing-masing 18 repetisi (pengulangan) dalam rangkaian yang cepat. Mulailah dengan sisi tubuh Anda yang lebih lemah (biasanya tubuh bagian kiri). Ulangi pada sisi yang berlawanan, setiap dua hari, tiga kali seminggu.

Alat yang diperlukan: kursi dengan sandaran, dan dumbbell 2,5 kg.

Leg Blaster
Mulailah dengan posisi lunge (salah satu kaki dijulurkan ke belakang, lalu merendahkan kaki). Posisikan kaki kiri di depan, lalu bawa dumbbell dengan kedua tangan ke arah pinggul kanan. Angkat dumbbell ke pundak kiri, lengan kanan di depan dada membentuk sudut 90 derajat, sedangkan lengan kiri ditekuk ke atas, sehingga kedua dumbbell beradu (lihat gambar). Tegakkan kaki kanan untuk berdiri, membawanya sejajar dengan kaki kiri saat Anda memutar dumbbell kembali ke pinggul kanan. Ulangi gerakannya dari awal. Lakukan tiga set dengan 18 repetisi.
Otot yang dilatih: paha, hamstring, bokong, pundak, dada, dan perut

Rump Raiser
Berdirilah di dekat kursi, sambil berpegangan pada sandaran kursi dengan tangan kanan dan dumbbell di tangan kiri pada sisi yang lain, untuk menyeimbangkan tubuh Anda. Tekuk lutut kiri, angkat, dan tekuk ke belakang untuk memulai. Kencangkan bokong, dan tekan kaki kiri sedikit ke belakang dengan tetap menekuk lutut, dan telapak kaki rileks. Semua gerakan ini untuk satu repetisi. Setelah itu kembali ke posisi semula. Lakukan tiga set dengan 18 repetisi.
Otot yang dilatih: bokong, hamstring

Hip Sculptor
Berdiri dengan kaki selebar pinggul. Bawa dumbbell di kedua tangan, siku kanan dibengkokkan dengan berat pada pundak kanan, lengan kiri dijulurkan ke atas untuk memulai. Angkat dan tekuk kaki kiri ke arah samping, jari-jari menunjuk ke luar, sementara Anda menarik siku kiri ke bawah hingga bersentuhan dengan kaki kiri. Kembali ke posisi awal. Lakukan tiga set dengan 18 repetisi.
Otot yang dilatih: pinggul, pundak, perut, bokong

Seat Shaper
Berdirilah di depan kursi dengan posisi membelakangi, kedua lengan diangkat dan dilipat di depan dada, lengan kiri di atas lengan kanan, ibu jari kaki kanan menyentuh lantai 15 cm di depan kaki kiri untuk memulai. Jaga agar dada membusung, lalu perlahan duduklah di kursi dengan beban ditumpukan pada kaki kiri. Kemudian, berdirilah dengan kaki kiri untuk kembali ke posisi awal. Lakukan tiga set dengan 18 repetisi.
Otot yang dilatih: bokong, punggung, paha, hamstring

Booty Firmer
Berdirilah di dekat kursi, tangan kiri memegang sandaran kursi, tangan kanan memegang dumbbell. Julurkan kaki kanan ke belakang, lalu tekuk ke depan. Busungkan dada, jaga agar tubuh tidak melengkung ke belakang. Tekuk atau rendahkan kaki kiri, sehingga beban diturunkan pula ke arah lantai, lalu luruskan lutut kiri. Gerakan ini berlaku untuk satu repetisi. Lakukan tiga set dengan 18 repetisi.
Otot yang dilatih: bokong, punggung, paha, hamstring

Calf Carver
Berdiri di samping kursi, tangan kiri memegang sandaran kursi, tangan kanan memegang dumbbell lalu tempelkan di pinggul kanan. Julurkan kaki kanan ke samping dengan jari-jari kaki menghadap ke depan. Berjinjitlah pada kaki kiri, lalu turunkan lagi. Pastikan kaki kanan tetap terjulur ke samping. Semua gerakan ini untuk satu repetisi. Lakukan tiga set dengan 18 repetisi.
Otot yang dilatih: betis, pinggul, bokong, paha

Penulis :
Felicitas Harmandini
Editor :
Dini