Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih "Foundation" yang Tepat

Kompas.com - 09/02/2011, 17:25 WIB

KOMPAS.com - Warna kulit merata dan sempurna bisa membuat penampilan riasan makin terlihat sempurna. Menyamarkan kulit yang tak sempurna bisa dicapai instan dengan menggunakan foundation. Tetapi waspada, salah pilih warna foundation bisa membuat riasan terlihat seperti topeng. Alih-alih terlihat cantik malah bikin wajah terlihat menyeramkan.

Foundation yang tepat bisa membangkitkan kecantikan kompleksi wajah, menyembunyikan masalah kulit, sekaligus meratakan warna kulit wajah dalam satu lapisan. Kuncinya adalah dengan mencari warna foundation yang tepat dan sesuai warna kulit. Supaya tidak salah pilih, simak tips Tim Quinn, Direktur Kreatif Giorgio Armani Beauty ini:

Coba pada wajah
Ada banyak tips mengenai cara mencoba foundation, contohnya, dioleskan pada punggung telapak tangan, ada pula yang menyarankan dioleskan di bagian dalam lengan untuk melihat kecocokan warna. Namun menurut Quinn, cara yang paling tepat adalah dengan mengoleskan langsung pada wajah. Karena pada sebagian orang, warna kulit wajah bisa sangat berbeda dari warna kulit tubuh. Tak sedikit pula orang yang lebih mementingkan perawatan kulit wajah ketimbang kulit tubuh, misal dengan hanya mengenakan tabir surya pada wajah dan tidak tubuh atau hanya mengenakan pelembab mengandung pemutih pada wajah saja, alhasil kulit wajah dan tubuh tidak sama. Aplikasikanlah foundation pada bagian rahang, ratakan, mundur sedikit dari kaca, dan lihat dari jauh, apakah warna foudation itu menyatu sempurna pada kulit wajah atau tidak. Jika Anda bisa melihat garis foundation itu pada pantulan wajah di cermin, berarti warnanya tidak tepat untuk Anda. Jika meresap dan seakan tidak ada foundation pada wajah Anda, itulah warna paling tepat.

Lihat hasilnya di bawah terik matahari
Warna lampu neon yang putih dan pucat sangat tidak membantu kulit tampil apa adanya, bahkan bisa bikin wajah terlihat kusam karena mengaburkan kompleksi bayangan. Quinn menyarankan agar saat mencoba, upayakan untuk melihat efeknya di bawah matahari. Malu? Mengapa? Toh, Anda kan harus mengeluarkan uang untuk membeli. Daripada rugi karena salah beli, mengambil sedikit upaya untuk melihat tepat atau tidaknya warna foundation itu pada wajah di bawah matahari rasanya bukan masalah besar.

Kenakan atasan putih saat membeli
Jika Anda berencana membeli foundation, usahakan untuk mengenakan atasan berwarna putih, hindari mengenakan warna-warna terang selain putih. Warna-warni terang akan memberi refleksi pada wajah Anda sehingga warna tone asli kulit wajah Anda jadi sedikit berubah. Lebih baik gunakan atasan simpel berwarna putih yang bisa merepresentasikan warna alami kulit apa adanya. Jika memungkinkan, baju putih itu juga punya bukaan atau lingkar leher yang luas supaya Anda juga bisa mencoba foundation itu pada bagian dada dan melihat hasilnya. Ada kalanya kita harus mengaplikasikan foundation pada bagian dada jika busana yang akan dikenakan cukup terbuka pada bagian dada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com