Senin, 21 April 2014
Cara Cepat Mengatasi Kram
Kamis, 10 Februari 2011 | 19:29 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Hentikan aktivitas yang tengah kita lakukan, lalu cobalah melenturkan otot di area yang terasa sakit selama 20-45 detik.

KOMPAS.com - Kram saat olahraga mungkin saja terjadi. Namun, kita tak perlu panik sebab Fabio Comana, ahli fisiologi olahraga, memiliki cara cepat untuk menghilangkan rasa sakit pada otot yang menegang tersebut.

Minum: Dehidrasi adalah salah satu penyebab kram. Ini terjadi karena tingkat elektrolit tubuh terpengaruh kala kita kekurangan cairan. Minumlah setidaknya 600 ml air, 3 jam sebelum beraktivitas. Dan, minum lagi sebanyak 250 ml setiap 15 menit selama latihan.

Lenturkan otot: Hentikan aktivitas yang tengah kita lakukan, lalu cobalah melenturkan otot di area yang terasa sakit selama 20-45 detik, atau hingga rasa sakit hilang. Kram adalah gejala otot yang tegang. Jadi, melenturkan otot adalah solusi yang tepat.

Tekan bagian yang kram: Ini dapat membantu melepaskan ketegangan otot. Selain itu, tekanan juga akan merangsang reseptor otot untuk melepaskan ketegangan.

Pijat area yang sakit dengan keras: Seperti ketika kita menguleni adonan kue. Cara ini merupakan gabungan kedua metode sebelumnya, yakni melenturkan dan menekan.

(Prevention Indonesia Online/Christina/Siagian Priska)

Editor :
Dini