Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Tahu Etiket Seputar Lingkungan Kerja?

Kompas.com - 17/02/2011, 10:38 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak hal-hal yang kita anggap sepele padahal itu penting bagi imej kita. Salah satu hal yang paling sering dianggap sepele adalah etiket. Banyak orang yang berpikir, "Saya kan orangnya santai, teman saya pasti mengerti apa yang saya maksud. Enggak perlulah basa-basi atau terlalu 'jaim'." Salah. Meski sedang bersama sahabat yang sudah dikenal bertahun-tahun, Anda tetap harus menjaga etika dan tingkah laku. Berikut adalah tips dari Dana Persia, pemilik DP Image Consulting di Philadelphia mengenai etiket seputar lingkungan kantor:

Makan
"Etiket makan bisa menjadi hal yang penting bagi perkembangan karier seseorang," jelas Persia. Menurutnya, pemilik perusahaan butuh tahu bahwa bawahannya sanggup bertingkah dengan sopan dan baik saat berada dalam lingkungan sosial, khususnya jika ia berada dekat dengan klien dan atasan." Berikut tips saat makan dengan orang-orang dari lingkungan kerja:

- Jangan pernah berbicara dengan mulut penuh, dan jangan pernah pula menunjuk seseorang dengan alat makan.
- Selalu tunggu pihak pengundang acara duduk lebih dulu sebelum Anda duduk.
- Jangan pula mencoba merapikan dandanan saat Anda masih duduk di bangku meja makan. Rapikan dandanan di kamar kecil (toilet).
- Duduklah di bangku meja makan dengan punggung tegap dan kedua telapak kaki menapak pada lantai. Menyilangkan kaki saat makan membuat postur duduk Anda seperti orang malas-malasan dan terlihat tidak serius.
- Saat makan sup, jangan diseruput, sisip perlahan dari sisi sendok paling dekat dengan bibir Anda. Saat ingin meniriskan bagian sup yang menetes dari sendok lakukan ke arah luar dari mangkuk, jangan ke arah Anda.
- Makanlah secara perlahan, jangan terburu-buru.

Interaksi
Interaksi dengan kolega bisa membangun atau merusak relasi bisnis Anda. Berikut tips Persia saat melakukan perbincangan dengan rekan kerja.

1. Bahasa tubuh
Bahasa tubuh kita mengatakan banyak mengenai emosi, baik kita sadar atau tidak. "Saat seseorang terlalu bersemangat saat menceritakan cerita, tanpa sadar ia bisa mengayunkan tangannya sangat ekspresif. Jika orang yang sama itu menceritakan cerita dengan membuyarkan fakta, memalingkan wajah, atau mengalihkan arah pandangan, bisa jadi ia sedang berbohong." Berikut adalah arti dari gestur tubuh seseorang menurut Persia:

- Bertolak pinggang, artinya emosi agresi dan kesiapan.
- Tangan di pipi, artinya ia sedang berpikir evaluasi.
- Tangan disatukan di belakang kepala, kaki disilangkan, artinya, kepercayaan diri dan sifat superior.
- Menarik-narik cuping telinga, artinya kesulitan memutuskan sesuatu.
- Menggaruk-garuk mata, artinya, keraguan, atau tak percaya.
- Mengetuk-ngetukkan jari, artinya ketidaksabaran.

2. Mendengarkan

Adalah hal yang sangat kasar dan meremehkan orang lain saat ada orang berbicara kepada Anda dan Anda tidak mendengarkan. Berikut ini 5 aturan mendengarkan:
- Selalu berikan perhatian penuh kepada orang yang berbicara.
- Jangan mencuri pandang ke arah televisi, orang lewat, pintu, atau jendela saat ada orang sedang bicara dengan Anda.
- Jangan melamun saat ada orang bicara kepada Anda. Konsentrasikan pikiran dan fokus pada kata-kata orang yang sedang bicara dengan Anda.
- Berhentilah menginterupsi.
- Dengarkan orang saat bicara, dan jangan khawatirkan tentang apa yang ingin Anda katakan berikutnya.

3. Selamat dari obrolan basa-basi
Saat pertemuan di kantor, atau pertemuan mana pun, yang Anda tak mengenal tamu-tamu lainnya, ingatlah ada topik-topik tertentu yang sebaiknya tidak dibicarakan, apalagi seputar SARA (Suku, Agama, Ras, Antargolongan). Yang aman untuk dibicarakan; politik umum, peristiwa terbaru, cuaca, keluarga, dan rencana liburan (jangan sombong).

Persia mengungkap bahwa setiap orang suka membicarakan tentang dirinya, beberapa pertanyaan pembuka yang bisa dijadikan pilihan:
* Anda dulu besar di mana?
* Dulu sekolah di mana?
* Kenal sama yang mengundang di mana?

4. Hindari
Ada beberapa hal yang sebisa mungkin dihindari saat berada di lingkungan sosial, yakni
- Merokok di depan orang tak dikenal.
- Menggunakan obat-obatan terlarang.
- Menggunakan ponsel dengan cara yang amat menyebalkan.
- Menggunakan kata-kata kasar.
- Mengorek gigi atau bagian dalam hidung.
- Menggaruk bagian tubuh yang pribadi.
- Batuk tidak menutup mulut.
- Menarik atau membuang dahak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com