Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malu Bertanya, Tak Sehat Makanannya

Kompas.com - 26/02/2011, 16:39 WIB

KOMPAS.com - Informasi detail mengenai makanan yang ada di menu menjadi kebutuhan pengunjung restoran. Karena dengan mengetahui berbagai hal seputar makanan yang akan Anda makan, setidaknya lebih banyak pilihan yang bisa dibuat. Anda bisa memilah makanan yang baik untuk kesehatan, dan yang sebaiknya dihindarkan. Pola makan menjadi perhatian banyak orang belakangan, dengan semakinnya tingginya risiko penyakit dan masalah kelebihan berat badan.

Ahli nutrisi dr Diana Suganda, MKes, dari InterMED Health Care & Beauty Clinic, mengungkapkan pengalamannya bertemu dengan pasien yang berkonsultasi untuk diet. Katanya, masyarakat masa kini lebih ingin tahu makanan yang dikonsumsi.

"Lima, enam tahun terakhir, masyarakat sudah mulai banyak yang peduli dengan informasi makanan yang akan mereka makan," jelasnya, saat peluncuran hasil temuan "World Menu Report" dari bisnis food service Unilever Food Solutions di Restoran Scusa, Hotel Intercontinental Jakarta, beberapa waktu lalu.

Cara mencari informasi di balik menu makanan di restoran adalah dengan kritis bertanya kepada koki restoran, tambahnya. Jangan takut bertanya dan hiraukan anggapan orang jika menilai Anda "bawel", lanjutnya. Karena kini konsumen lebih teliti, koki juga harus mampu menyediakan informasi seputar makanan yang ada di menu.

Apa saja informasi yang harus ditanya atau mesti tersedia?
Dr Diana menjelaskan, sejumlah informasi seperti isi menu, berapa konsumsi kalori, apakah rendah garam atau lemak, bumbu yang masuk dalam makanan, bagaimana cara memasak, dan seperti apa penyajiannya juga boleh ditanyakan.

"Sebuah restoran asing di Papua bahkan sudah memberikan informasi detail di menu. Mereka memberikan penjelasan kandungan kalori per porsi makanan, termasuk kandungan garam dan gula," tutur dr Diana menyontohkan.

Nah, untuk memilih makanan sehat saat makan di luar, Anda juga perlu membekali diri kebutuhan makan sehari-hari. Seperti berapa kebutuhan kalori yang diperlukan per hari. Anda tentu lebih mengenali kebutuhan asupan makanan dalam tubuh, apalagi jika sedang berdiet dengan alasan kesehatan atau untuk menurunkan berat badan.

Bagaimana dengan Anda, apa saja yang biasanya Anda tanyakan soal makanan saat akan memilih menu di restoran?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com