Jumat, 25 April 2014
Meracik Bumbu untuk Pepes
Kamis, 3 Maret 2011 | 09:31 WIB
|
Share:
TABLOID NOVA/ENG NAFTALI

Setelah dikukus umumnya pepes berkurang rasa asinnya.

KOMPAS.com — Pepes tak hanya bisa dibungkus daun lalu dikukus hingga matang. Hidangan ini juga bisa dikemas menggunakan aluminium foil atau wadah tahan panas.

Bicara bahan, sebenarnya selain ayam dan ikan, semua bahan makanan bisa dipepes. Sebut saja udang, cumi atau ikan asin, ikan mas, teri basah, tahu atau tempe. Nah, agar pepes makin lezat, kuncinya terletak pada resapan bumbunya. Jadi, seafood bisa dipepes dalam keadaan utuh atau dipotong-potong seperti ayam, ikan atau cumi, sedangkan tahu dan tempe dihaluskan dahulu. Ada juga pepes aneka jamur dan pepes sayuran yang ditambah kelapa parut.

Halus atau iris
Ada dua jenis bumbu yang dipakai untuk pepes, yaitu:
* Bumbu iris (cabai, bawang merah, tomat, daun salam, serai, bisa juga ditambahkan cabai rawit utuh, daun bawang, dan kemangi) untuk pepes ikan asin peda, pepes tahu, atau pepes jamur.

* Bumbu halus ada dua macam, yaitu bumbu putih dan bumbu kuning. Bumbu halus putih terdiri atas bawang merah, bawang putih, kemiri, ditambah irisan daun salam, dan serai. Sedangkan bumbu kuning hanya ditambahkan kunyit yang dihaluskan.

Anda bisa mencampurkan bumbu halus dengan bahan pepes atau ditumis. Agar aromanya makin menggoda, setelah dikukus, pepes dipanggang di bara api sampai harum.

Tum hingga gulung
Membungkus pepes pun banyak ragamnya. Yang paling lazim adalah bungkus tum. Ini biasanya digunakan untuk pepes tahu, pepes tempe, atau pepes jamur. Ada juga dengan cara digulung daun pisang, lalu disemat di bagian kiri dan kanan daun. Ini biasa digunakan untuk pepes teri basah, pepes peda, dan pepes ikan mas.

Tips membuat pepes:
1. Agar tulang ayam dan duri ikan lunak, tambahkan sedikit ragi instan pada bumbu sebelum dikukus, diamkan 1 jam. Kukuslah di atas api kecil agar bumbu lebih meresap dan tulang atau durinya tambah lunak.

2. Setelah dikukus, umumnya pepes berkurang rasa asinnya. Untuk itu, tambahkan beberapa sendok garam dalam air kukusan.

3. Buang kepala dan isi perut ikan teri basah agar rasa pepes lebih enak dan lebih tahan lama.

4. Jangan ragu menambahkan irisan jamur atau petai. Atau, ingin lebih pedas? Tambahkan cabai merah, cabai hijau iris, atau cabai rawit merah, yang juga membuat tampilan pepes lebih menarik.

(Tabloid Nova/Erwin Kuditawati)

Editor :
Dini