Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampilan Terkini Cokelat Couverture Dalam Negeri

Kompas.com - 03/03/2011, 13:45 WIB

KOMPAS.com - Banyak produsen cokelat jenis premium (couverture) di Indonesia, tapi hanya Tulip yang asli berasal dari dalam negeri. Jika Anda termasuk pelanggan setianya, yang kebanyakan dari lini bisnis seperti hotel, restoran, katering (horeka), kini dapat melihat kemasan dark chocolate lokal ini berubah.

Kini, Tulip hadir lebih menarik dengan nama yang mudah diingat. Louis Tanuhadi, Ambassador Tulip The Embassy of Chocolate, menjelaskan, Tulip hadir dengan tampilan baru untuk memudahkan konsumen dalam membedakan jenis produk satu dengan lainnya. Seperti cokelat couverture Tulip dengan kandungan kokoa 65 persen, kini dipasarkan dengan nama Easimelt Dark "Aura" Chocolate Couverture. Empat jenis cokelat premium tulip yang juga berganti tampilan adalah Easimelt Milk "Lactea" Chocolate Couverture 34 persen, Easimelt Dark "Hestia" Chocolate Couverture 56 persen, dan Choco Chips "Bromo" Dark Chocolate Couverture.

"Orang Indonesia belum banyak yang mengenal kandungan kokoa dalam cokelat jenis couverture atau kelas premium, seperti 65 persen dark chocolate couverture Tulip yang kini bernama Aura. Penamaan ini dipilih lebih untuk mengenalkan jenis produk dan mempermudah konsumen membedakan jenis cokelat," jelas Louis kepada Kompas Female, di sela Tulip Grand Baking Demo (GBD) di hotel Four Season Jakarta, Kamis (3/3/2011).

Menurut Louis, tidak ada perbedaan dari segi kualitas dan rasa pada perubahan tampilan produk Tulip ini. Produk Hestia 56 persennya masih menggunakan biji cokelat komposisi Jawa dan Ghana. Aroma kayu dan rasa asam khas biji cokelat Jawa masih kental terasa. Namun memang ada perubahan pada jenis Aura.

"Kandungan kokoa pada produk Aura berubah total. Aroma dan rasanya lebih nutty. Namun apapun jenis pilihan cokelatnya, rasa dan kualitasnya tetap premium. Pilihan jenis cokelat atau kandungan kokoa di dalamnya tergantung selera. Namun jika bicara kualitas cokelat, baik tidaknya produk cokelat tergantung dari kualitas biji kokoa," jelas Louis.

Kalau soal pilihan, chef Jean Francois Arnaud, MOF, pakar patisserie, memilih jenis Aura dan Hestia dalam demo memasak bersama Tulip. "Cokelat jenis couverture Aura dan Hestia mendekati selera cokelat di Eropa," katanya saat memasak resep pertama Chocolate Macarons di kegiatan GBD ini.

Arnaud memberikan analogi mengenai pilihan cokelat sebagai bahan dasar masakan. Menurutnya memilih cokelat premium atau jenis couverture daripada compounds sama seperti Anda memilih margarin dengan mentega. Cokelat couverture seperti Tulip dianalogikan seperti mentega yang masuk dalam kategori premium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com