Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pijat Kepala Usir Masalah Rambut

Kompas.com - 07/03/2011, 17:48 WIB

KOMPAS.com - Kebanyakan perempuan lebih mementingkan kesehatan batang rambut ketimbang menjaga kesehatan kulit kepala. Berjam-jam merawat dan memerhatikan batang rambut bukan berarti rambut akan selalu sehat. Kadang, permasalahannya ada pada kulit kepala, dan dengan gestur sederhana, seperti meluangkan waktu untuk pijat kepala bisa bantu banyak untuk kesehatan kulit kepala dan rambut.

Kesehatan dan vitalitas kulit kepala adalah dasar dari pertumbuhan rambut dan kesehatannya, begitu ujar Elizabeth Cunnane-Philips, trikologis dari Philip Kingsley Trichological Centre. Memijat kulit kepala membantu melancarkan darah pada kepala yang bisa bantu mengurangi ketombe.

Memijat sendiri kulit kepala selama beberapa menit setiap harinya bisa membantu menenangakn dan meningkatkan kesehatan kulit kepala. Jika Anda memiliki masalah seperti eksim kulit kepala, cukup lakukan satu minggu sekali.

Caranya, Anda bisa gunakan kondisioner sesuai kondisi kulit kepala pada kulit kepala yang kering, gunakan ujung-ujung kesepuluh jari Anda untuk menekan kulit kepala dimulai dari garis tumbuh rambut di daerah dahi, terus ke arah belakang dengan gerakan melingkar. Hindari penggunaan alat pijat atau sisir karena bisa membuat rambut terlilit dan membuatnya rontok. Jangan menggosok atau menarik rambut, prosesnya sebaiknya berlangsung perlahan dan tidak menyakitkan guna meminimalisir kerusakan. Teruskan hingga ke bagian belakang leher. Ulangi beberapa kali hingga 3-5 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com