Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Perlu Tahu Cara Menghemat BBM

Kompas.com - 08/03/2011, 16:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Harga bahan bakar minyak (BBM) terus meningkat, tapi kaum perempuan pengendara mobil tak perlu khawatir merogoh kocek dalam-dalam akibat kenaikan tersebut. Asalkan Anda tahu bagaimana cara menghematnya. Untuk itu, tim Women In Leadership (WIL) Goodyear Indonesia memberikan tips agar kaum perempuan dapat menghemat BBM kendaraan roda empat dengan cara yang benar.

Menurut Andry Adam, trainer dalam workshop Women with Drive: Safety Driving Workshop for Women yang mengangkat tema ”Drive Smart, Save More Fuel”, menghemat BBM dapat dilakukan dengan cara sederhana yang terkadang justru dilupakan kebanyakan pengendara mobil.

”Ada dua cara yang bisa diketahui para kaum wanita untuk menghemat BBM, yaitu cara internal, dalam diri kita sendiri, kesalahan yang sering kita lakukan tanpa disadari, dan juga cara eksternal, dari mobil yang kita kendarai,” kata Andry yang juga Area Sales Manager di Wirajaya Ban, Goodyear Autocare, Selasa (08/03/2011).

Cara internal, lanjut Andry, dilakukan dengan mengendalikan cara mengendarai mobil. Kebiasaan sering menggunakan rem maupun gas terlalu agresif bisa memacu bahan bakar cepat terkuras. Konsep terbaik untuk mengurangi kebiasaan tersebut adalah dengan mempercepat gerakan persneling ke arah yang tinggi. Semakin lambat justru memakan banyak energi bahan bakar. Andry juga menyarankan lebih baik mengendarai mobil-mobil otomatis maupun mobil hybrid.

Sementara itu, cara eksternal, sambung Andry, dapat dilakukan para pengendara dengan membiasakan memakai oli standar yang disesuaikan dengan jenis mobil. Anda dapat berkonsultasi dengan ahli di autocare untuk memilih oli mobil yang tepat.

”Langkah ketiga selalu periksa saringan udara (filter udara) agar selalu bersih. Apalagi jika kita melewati tempat yang banyak debu, bisa setiap 6 bulan sekali atau 12 bulan mobil harus diperiksa. Aliran udara yang terhambat dan kotor membuat kerja mesin mobil lebih berat. Hal ini tentu saja menguras energi mobil dan bahan bakarnya,” ujar Andry.

Kondisi ban mobil juga perlu diperhatikan untuk menghemat bahan bakar. Cari bahan ban yang memiliki komponen full of silica sehingga daya gerak dan putar ban lebih ringan. Selain itu, pilihlah ban yang berkomponen Kevlar, sejenis serat yang kuat untuk melindungi ban, terutama dari jalan rusak.

Tips terakhir, Andry memperingatkan para wanita pengendara mobil untuk menghindari jalan rusak maupun jalanan yang rawan macet. Jalan-jalan berisiko tersebut turut mendukung borosnya pemakaian BBM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com