Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edamame: Camilan Alami Peningkat Energi

Kompas.com - 15/03/2011, 13:59 WIB

KOMPAS.com - Ingin beralih dari camilan tak menyehatkan ke camilan yang berguna bagi tubuh? Coba edamame. Edamame adalah salah satu camilan yang kerap disajikan di restoran-restoran Jepang sebagai menu pembuka sembari menunggu pesanan datang. Biasanya, edamame disajikan dalam keadaan belum dikupas. Tak hanya rendah kalori, edamame sebagai camilan bisa membantu dorong mood dan energi.

Sajian satu cangkir edamame bisa memenuhi 116 persen saran takaran saji harian tryptophan, yang membantu meregulasi nafsu makan, membantu kualitas tidur, dan bantu perbaiki mood, ketiga faktor ini memiliki peran penting dalam memengaruhi level energi. Dalam jumlah itu pula, Anda akan mendapatkan 57 persen protein harian yang disarankan, 43 persen asam lemak Omega-3, 41 persen serat, dan 49 persen kebutuhan harian zat besi tubuh, yang kesemuanya itu dibutuhkan tubuh untuk menambah energi.

Kacang kedelai juga kaya akan molybdenum, mineral yang membantu sel-sel tubuh berfungsi dengan optimal, memfasilitasi penggunaan zat besi, membantu metabolisme lemak dan karbohidrat, mendorong kewaspadaan, mendorong konsentrasi, dan menyeimbangkan level gula darah. Semua fungsi ini krusial untuk menghubungkan produksi dan menjaga level energi. Molybdenum juga membantu mencegah anemia, penyebab terumum kekurangan zat besi yang menyebabkan kelelahan.

Ditambah lagi, kacang kedelai kaya akan asam folat, pendorong mood alamiah yang menunjukkan peningkatan level serotonin dan mengatasi gejala depresi. Edamame bisa didapatkan di restoran yang menjual makanan asal Jepang, seperti sushi. Pesan jadi dan dinikmati selagi hangat dan gurih juga enak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com