Kamis, 23 Oktober 2014
Memasak dengan Imajinasi ala Rinrin Marinka
Kamis, 17 Maret 2011 | 15:59 WIB
|
Share:
KOMPAS.COM/WARDAH FAZRIATI

Chef Rinrin Marinka membawa pesan untuk tidak takut bereksperimen dengan masakan, dan selalu kreatif mengolah bahan makanan di mana saja.

KOMPAS.com - Satu lagi pilihan buku resep yang bisa memperkaya koleksi menu keluarga, terutama bagi Anda yang gemar memasak sekaligus traveling. Buku resep yang diciptakan dengan imajinasi dan kreativitas tanpa batas oleh Chef Rinrin Marinka ini ditujukan untuk keluarga yang senang bereksperimen dengan menu dan makanan, serta traveler yang membutuhkan menu mudah dan simpel.

Buku berjudul Fantastic Cooking ini disusun Rinrin dari pengalamannya bertualang melalui program kuliner di stasiun televisi Trans 7. Jika ingin bereksperimen dengan 30 resep hidangan utama, selingan, dan penutup ini Anda bisa mengunjungi Toko Buku Gramedia mulai 29 Maret 2011.

Melalui buku pertamanya ini, Rinrin mengenalkan variasi masakan fusion, gabungan internasional dan tradisi Indonesia. Maklum, Chef Rinrin pernah belajar memasak hidangan ala Perancis di Le Cordon Bleu, Sydney, Australia. Citarasa masakan Perancis pun tak dilupakannya di buku resep ini. Satu menu yang dinamakan "Marmer Tingkat", misalnya, terinspirasi dari masakan Perancis namun menggunakan bahan yang mudah dicari di Indonesia.

Puluhan menu fusion ala Rinrin ini dikemas dalam buku resep yang menarik, mudah diaplikasikan dan menggunakan teknik memasak dasar. Artinya siapapun bisa mempraktikkannya, asalkan suka bereksperimen.

Rinrin juga menampilkan eksperimen resep masakannya dengan cara menyenangkan dan penuh kejutan, baik dalam buku maupun saat demo memasak di sela peluncuran bukunya di Kinokuniya Plaza Senayan, Kamis (17/3/2011). Chef yang pernah mengajar di Pantry Magic ini membawa pesan untuk tidak takut bereksperimen dengan masakan, dan selalu kreatif mengolah bahan makanan di mana saja, saat traveling sekalipun. Satu menu hasil kreasinya, Cumi Jambal Mercon, berhasil mengejutkan tamu undangan. Cabe yang diselipkan di dalam cumi berisi nasi goreng jambal dan ditaburi abon cabe ini membuat banyak tamu merasakan sensasi eksperimen resep Chef Rinrin.

"Saya suka jahil, karenanya saya juga suka bereksperimen dengan berbagai bahan makanan," katanya dengan canda.

Menurut chef Rinrin, inspirasi memasak bisa didapat dari mana saja. "Saat menonton televisi, ngobrol dengan ibu saya, bahkan mencium bau atau melihat warna, kita bisa menciptakan kreasi masakan. Intinya gunakan imajinasi," tutur perempuan yang juga berlatar pendidikan art design ini.


Penulis :
Wardah Fazriyati
Editor :
Dini
BERITA LAIN: