Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Memasak Selama Traveling

Kompas.com - 18/03/2011, 10:49 WIB

KOMPAS.com - Saat traveling atau Anda merencanakan liburan bersama keluarga, memasak bisa menjadi pilihan kegiatan seru. Bukankah kehangatan keluarga dimulai dari dapur? Kegiatan memasak bersama akan menyenangkan bagi anak-anak.

Agar Anda tidak kerepotan nantinya, pertama-tama pastikan destinasi liburan menyediakan perlengkapan memasak. Tak perlu lengkap, cukup perlengkapan sederhana. Saat ini juga sudah tersedia kompor portabel dengan gas berukuran mini. Wajan yang praktis dibawa kemana saja juga ada. Jadi, alternatifnya Anda juga bisa membawa alat masak sederhana di mobil Anda.

Nah, soal bumbu dan bahan makanan, Chef Rinrin Marinka memberikan sejumlah saran. Bumbu seperti garam, gula, lada, dan berbagai bumbu yang dibutuhkan bisa disimpan dalam satu wadah make-up.

"Gunakan saja wadah yang biasanya digunakan untuk menyimpan make-up dengan bentuk bertingkat untuk menyimpan bumbu masakan. Cara ini lebih praktis untuk traveling," jelas Rinrin, di sela peluncuran buku resepnya, Fantastic Cooking, di Kinokuniya Plaza Senayan Jakarta, Kamis (17/3/2011) lalu. Buku resep perdananya ini berisi 30 menu praktis yang bisa dipraktikkan di mana saja, dan dikumpulkannya saat traveling memasak untuk program kuliner sebuah stasiun televisi.

Kiat lain yang disampaikan Rinrin adalah membawa serta abon cabe kesukaannya. Bagi penggemar makanan pedas, abon cabe wajib dibawa saat traveling, katanya. Selain memberikan rasa pedas pada makanan, abon cabe juga praktis dan menambah selera pada berbagai hidangan.

Satu lagi, jika berencana traveling dan ingin memasak sepanjang perjalanan, pastikan kondisi bahan makanan di lemari es masih segar. "Pastikan untuk selalu mengecek bumbu seminggu sekali. Ganti bumbu jika kondisinya sudah tak segar atau rusak karena khawatir berjamur atau terkena bakteri," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com