Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengolah Wafer dan Buah Rendah Kalori

Kompas.com - 28/03/2011, 21:53 WIB

KOMPAS.com — Wafer tanpa kandungan gula bisa menjadi pilihan camilan rendah kalori. Agar tak bosan makan wafer tiga kali saat waktu snacking dalam sehari, Anda bisa mengkreasikan dengan buah segar, jus buah tanpa gula, atau bahkan tuna. Chef Michael Whyag dari Red Pepper menciptakan sejumlah variasi wafer untuk snacking yang enak dan menyehatkan.

"Snacking bisa tetap enak, tapi bertanggung jawab," kata Chef Michael saat bincang-bincang "Happy Healthy Snacking Time" yang diadakan Tango di Plaza Indonesia, Jakarta, Senin (28/3/2011).

Menurut Chef Michael, snacking identik dengan makanan manis dan renyah. Agar waktu ngemil tak terlewati, snack seperti ini sebaiknya jangan diabaikan, tapi di sisi lain pastikan juga kalorinya rendah dan rasa manisnya didapatkan dari bahan alami. Untuk itu, Chef Michael berkreasi dengan wafer renyah tanpa gula yang dikombinasikan dengan stroberi, pir, jus mangga, ogura cream, hingga tuna.

"Mengkreasikan wafer Tango juga bisa dilakukan bersama anak-anak, misalnya sebagai permainan saat ulang tahun. Menciptakan kreasi camilan juga melatih motorik anak-anak. Misalnya dengan membuka lapisan wafer menjadi tiga, lalu sisipkan potongan buah pir di sisi satu, dan potongan stroberi di sisi lainnya," tutur Michael.

Jus mangga kental tanpa gula juga bisa dikombinasikan dengan wafer renyah. Caranya, jadikan buah mangga segar yang diblender sebagai topping di atas wafer renyah. Hasilnya, Anda akan mendapati camilan segar hanya bernilai 80 kkal. Nilai kalori ini masih jauh di bawah batas maksimal camilan, 150 kkal per porsi.

"Sangat mudah membuat kreasi camilan dengan wafer Tango Less Sugar. Wafer Tango rasa cokelat dipadukan dengan jus mangga, dan wafer vanila dengan pir dan stroberi, dapat disajikan dalam satu menit saja. Snacking itu mudah dan menyenangkan, selama produk dasar yang digunakan bagus. Selain itu jelas kalorinya, serta bahaya atau tidak," jelasnya.

Pilihan lain kreasi camilan wafer kreasi Chef Michael di antaranya Tango Chocolate in Ogura Cream and Pears yang bernilai kalori 90 kkal per porsi. "Cream artinya sesuatu yang di-blend, sedangkan ogura adalah kacang merah yang direbus lalu diblender. Ogura dan potongan buah pir dijadikan lapisan di setiap sisi wafer yang bisa dibuka menjadi dua bagian," jelasnya.

Kreasi wafer untuk camilan agar snacking tak membosankan ini lebih rendah kalori. Anda bisa mencipta camilan enak dan lebih menyehatkan dibandingkan dengan poffertjes yang bernilai lebih dari ratusan kkal per porsi (satu porsi isi tiga), atau jajanan pasar bernilai 197 kkal per porsi. Selain itu juga lebih baik dari sandwich yang bernilai 132 kkal per porsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com