Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Berseragam Batik dengan Pasangan

Kompas.com - 01/04/2011, 10:14 WIB

KOMPAS.com - Busana batik makin gaya dengan variasi corak dan warna kaya khas Indonesia. Batik kerapkali dijadikan dresscode, selain juga menjadi pilihan pasangan saat akan menghadiri undangan resmi atau penikahan. Meski batik apik dikenakan sebagai busana pesta, namun tak semua corak batik akan terlihat menarik jika dikenakan seragam untuk pasangan. Anda perlu melakukan padu-padan busana batik dengan pasangan.

Perancang muda Barli Asmara memberikan inspirasi berbusana batik untuk pasangan (sarimbit). Barli menampilkan inspirasi ini melalu koleksi Lembayung Kudus Sui, yang diperagakan dalam peragaan busana Pesona Batik Kudus di Jakarta, Rabu (30/3/2011) lalu. Batik Kudus semakin cantik diaplikasikan sebagai busana siap pakai untuk perempuan dan laki-laki. Koleksi busana untuk pasangan ini juga melibatkan perancang Inne S Nurbani. Inne merancang busana batik pria berlengan pendek sebagai padanan busana wanita Sui dari Barli.

"Pasangan bisa melakukan kombinasi warna dalam berbusana batik. Karena ada batik yang dibuat untuk digunakan berpasangan, namun ada juga yang harus dipakai tersendiri," kata Barli.

Koleksi Lembayung Sui oleh Barli menampilkan busana batik untuk pria yang dipadukan dengan terusan polos dengan warna senada untuk wanitanya. Konsep busana padu padan batik ini membuktikan, pasangan tak harus selalu menggunakan batik yang sama persis corak dan warnanya saat menghadiri acara bersama. Nuansa batik masih tetap terasa meski salah satu pasangan menggunakan busana polos dengan warna senada mengikuti batik.

"Jika menggunakan busana polos, gunakan saja selendang batik untuk memberikan aksen batik pada penampilan dan terlihat kompak dengan pasangan," kata Barli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com