Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Pengusir PMS dan Stres

Kompas.com - 03/04/2011, 18:36 WIB

KOMPAS.com - Makanan juga bisa menjadi "obat" saat perempuan mengalami gangguan hormonal menjelang haid atau saat stres.

Susu dan kedelai pengusir PMS
Sebelum waktu haid tiba, level nutrisi mengalami penurunan. Hal inilah yang menyebabkan mood berubah. Untuk itu Anda perlu meminum susu yang mengandung vitamin D. Menurut riset yang diterbitkan oleh International Journal of Gynecology & Obstetrics, susu bisa mencegah PMS. Konsumsi kalsium dan vitamin D yang mencukupi, membantu peningkatan mood dan mengurangi kecemasan saat PMS.

Kedelai juga menjadi makanan pengobat PMS. Perempuan  yang mengasup 30 gr kacang kedelai per hari, mampu mereduksi gejala PMS, seperti dada yang mengencang, sakit kepala, dan kram perut, demikian riset yang dimuat dalam British Journal of Nutrition. Kandungan phyto-estrogen dalam kedelai mampu mengatur kadar estrogen dalam tubuh. Selain kacang kedelai, pilih juga makanan lain yang mengandung kedelai seperti edamame, tahu, atau susu kedelai.

Ikan halibut dan cokelat mengusir stres
Stres menguras magnesium dalam tubuh. Kekurangan magnesium juga bisa memperburuk tekanan mental. Untuk mengusir stres siapkan makan malam dengan memanggang 85 gr halibut (mengandung 90 mg magnesium), sajikan dengan setengah cangkir bayam rebus, dan kentang panggang.

Dark chocolate (cokelat asli) juga membantu mengatasi stres, demikian dituliskan dalam hasil penelitian Journal of Proteome Research. Orang yang mengonsumsi 42 gr dark chocolate setiap hari, memiliki level hormon stres kortisol lebih rendah. Para peneliti mengatakan bahwa kandungan polyphenol pada cokelat memengaruhi produksi hormon stres. Sebaiknya pilih cokelat batangan dengan kandungan cokelat padat 60-74 persen. Nikmati cokelat dengan segenggam stroberi, yang bisa memproteksi otak melawan stres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com