Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bijak Gunakan Antibiotik

Kompas.com - 05/04/2011, 03:51 WIB

Indira Permanasari

Saat anak pertamanya yang berusia tujuh bulan mengalami batuk, demam, dan muntah, Ayu (34) segera membawanya ke dokter. Dokter mendiagnosis putri Ayu terkena infeksi saluran pernapasan akut. Dokter lantas meresepkan sirup penurun panas dan antibiotik amoksisilin.

Begitu pula saat berusia satu tahun, putri Ayu kena diare selama empat hari. Lagi-lagi dokter meresepkan antibiotik. Resep antibiotik kembali diberikan setiap anak batuk pilek, demikian Ayu yang menyimpan rapi catatan kesehatan putrinya menuturkan.

Tetapi, lama-kelamaan Ayu melihat putrinya kian mudah sakit. ”Hampir tiap bulan ke dokter,” ujarnya. Ayu lalu mencari tahu tentang masalah kesehatan anak lewat internet dan mendapat banyak informasi terkait penggunaan antibiotik. ”Saya baru tahu, ternyata common cold pada anak umumnya disebabkan virus. Pemberian antibiotik malah sia-sia dan anak menjadi rentan sakit,” katanya.

Mita (bukan nama sebenarnya) mengalami hal serupa. ”Dulu, saya sering panik kalau anak sakit. Kadang saya sendiri yang minta dokter meresepkan antibiotik,” katanya.

Suatu kali anaknya mengalami bisul di kemaluan. Setelah pemeriksaan laboratorium, dipastikan anaknya perlu antibiotik. Namun, Mita terkejut saat dokter menyatakan, kuman yang menyerang anaknya sudah resisten terhadap banyak antibiotik. ”Dokter bilang tidak mudah mencari antibiotik untuk kuman itu dan harga obat sangat mahal,” kata Mita.

Tak rasional

Penggunaan antibiotik yang tidak rasional makin meresahkan. Karena itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengangkat tema ”Use Antibiotics Rationally” dalam peringatan Hari Kesehatan Dunia ke-60 pada 7 April.

Antibiotik adalah zat yang dihasilkan oleh bakteri yang dapat menghambat atau membunuh bakteri jenis lain.

Dokter spesialis anak sekaligus pendiri dan pembina Milis Sehat yang aktif mengedukasi masyarakat tentang penggunaan obat rasional,

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com