Kamis, 28 Agustus 2014
Roti Sinchan dan Nasi Ponggol Setan
Selasa, 5 April 2011 | 08:21 WIB
|
Share:
YUDI/WWW.DOYANMAKAN.COM

Roti Bakar Sinchan Purwokerto.

KOMPAS.com - Masih di kota Purwokerto, setelah berkunjung ke rumah teman, malamnya sekitar jam 20.00 diajak mampir untuk menikmati roti bakar, teman kami merekomendasikan di Roti Bakar Sinchan. Nama tempat ini menginggatkan kita pada tokoh kartun yang lucu itu ya.

Roti Bakar Sinchan berjualan di Jalan Jenderal Sudirman, Purwokerto, tepatnya berjualan di sebelah timur Bank Mandiri Purwokerto, disini ternyata cukup ramai lho, jadi tempat nongkrong anak-anak muda Purwokerto. Di sini menjual roti bakar dengan beberapa macam pilihan isi, ada cokelat, keju, kacang, starwbery dan ada juga pisang bakar. Menurut teman kami memang roti bakar sinchan enak.

Kami coba pesan roti cokelat keju, sambil nunggu pesanan, kami sambil ngobrol-ngobrol santai bersama teman kami. Menurut kami di Roti Bakar Sinchan memang cocok untuk bersantai. Setelah menunggu beberapa saat, pesanan kami akhirnya datang juga, dan kami coba langsung cicipin rotinya, roti tawarnya empuk dibakarnya juga merata, dengan isi cokelat dan keju juga susu putih cair, rasanya jadi tambah nikmat lho.

Ternyata di Sinchan tidak hanya berjualan roti bakar, sekarang ada menu tambahan yaitu Nasi Ponggol Setan, waaah dari namanya agak seram yah. Sebenarnya nasi ponggol setan berasal dari daerah Tegal, dinamakan nasi ponggol setan oleh masyarakat sekitar karena berjualan sampai dengan dini hari. Sebenarnya menu ini model nasi kucing yogyakarta atau kalau di Bali ada nasi jinggo, tapi bedanya, kalau nasi ponggol setan asli Tegal biasa dibungkus dalam keadaan nasi masih panas/hangat.

Nasi Ponggol Setan berisi nasi yang dibungkus dengan daun pisang dengan pilihan lauk mie atau bihun, juga sayur kacang panjang atau sayur nangka dan untuk sambal goreng tempe-nya biasa pedas, di Sinchan agak berbeda penyajiannya, yaitu tetap dengan menggunakan piring, di sini juga tersedia ayam goreng, jadi mirip nasi rames ya. Anda kalau suka pedas cobain menu yang satu ini. (Yudi)


Editor :
I Made Asdhiana
BERITA LAIN: