Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan 5 Aturan Ini jika Ingin Langsing

Kompas.com - 05/04/2011, 21:59 WIB

KOMPAS.com — Diet yang keliru membuat banyak orang gagal menurunkan berat badan. Pasalnya, diet dilakukan dengan beban dan perasaan tersiksa, dengan membatasi makanan atau bahkan tidak makan. Survei di Amerika menyebutkan, 91 persen orang yang melakukan diet gagal menurunkan berat badan, kata Juli Triharto, Master Hypnolangsing. Agar sukses melangsing, kata Juli, seseorang harus mengubah kebiasaan makan yang salah.

"Kebiasaan berubah kalau pikiran berubah. Karenanya, dengan memprogram kembali pikiran, Anda bisa menurunkan berat badan," jelas Juli saat talkshow "Eat What You Want & Stay Slim", di Tupperware Home, Jakarta Selatan, Selasa (5/4/2011).

Nah, jika pikiran sudah diprogram kembali, ada lima aturan yang harus dipatuhi agar langsing.

1. Makan ketika lapar
Pikiran yang sudah terprogram ulang, dengan sugesti dan self-hypnosis, membuat sinyal tubuh secara alami akan berfungsi, dan Anda tak mengabaikannya. Anda hanya akan makan ketika lapar.

"Lapar fisik datang berkali-kali sesuai jam tubuh. Saat malam Anda lapar (fisik) makan saja," kata Juli.

Makan saat lapar fisik sesuai jam tubuh inilah yang perlu dipatuhi. Kegemukan lebih disebabkan karena orang makan apa saja bukan karena lapar fisik, melainkan karena lapar emosi.

2. Makan yang Anda inginkan
Aturan kedua agar langsing adalah makan yang Anda inginkan, bukan yang dibutuhkan. Jika jam tubuh secara alami memberikan sinyal bahwa Anda mulai lapar, pilih makanan yang diinginkan. "Memakan makanan yang diinginkan membuat Anda lebih mudah menyingkirkan makanan. Makan yang masuk ke dalam tubuh adalah yang memang Anda inginkan. Dengan begitu, tubuh akan memberikan sinyal baik dan membuat Anda menolak makanan yang tidak diinginkan," lanjutnya.

3. Makan secara sadar
Agar langsing, Anda harus makan secara sadar. Artinya, menikmati kunyahan makanan agar Anda bisa merasakan perubahan rasa dari makanan yang Anda lahap. Dengan makan secara sadar, Anda akan mengetahui level netral. Anda pun terlatih untuk berhenti makan saat netral.

4. Berhenti makan saat netral
Seperti dijelaskan sebelumnya, Juli membagi sepuluh skala lapar (baca: Berhentilah Makan Saat Netral). Bagi yang ingin langsing, makanlah saat lapar dan berhentilah saat netral, sebelum merasa nyaman apalagi kenyang.

5. Tingkatkan jumlah langkah kaki
Terakhir, jalan kaki membantu Anda untuk melangsingkan tubuh. Langsing di sini tak sama dengan kurus, tetapi lebih kepada memiliki berat badan ideal, sehat, dan nyaman. "Tambahkan 2.000 langkah dari jumlah langkah yang saat ini sudah dijalankan per hari jika ingin langsing," jelas Juli.

Untuk bisa menjalankan aturan melangsing ini, Anda perlu mensugesti diri. Kadangkala, Anda juga membutuhkan bantuan terapi untuk bisa mensugesti diri dan memprogram kembali pikiran.

"Di sinilah peran metode self-hypnosis yang dilatih dalam program Hypnolangsing selama dua hari (lima jam per hari) untuk membantu mere-program pikiran pada mereka yang ingin langsing," tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com